Suaib Mansur Pencapaian Target Itu Penting Usai Ikuti Rakornas Wasin

Masambanews, Luwu Utara – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo menyebut, peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kiranya dapat membantu menjamin tercapainya tujuan pemerintah dalam menyelenggerakan urusan pemerintahan dibidspang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional.

Jokowi mengatakan, peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan pemerintah, program, dan belanja anggaran secara akuntabel, efektif, dan efisien.          

“Mengikuti prosedur itu penting, tapi jauh lebih penting adalah tercapainya target-target yang telah ditetapkan. Sekali lagi, juga ini harus akuntabel, efektif dan efisien. Yang ditunggu rakyat itu hasilnya, ini banyak yang sering lupa,” ujar Jokowi dalam sambutannya di Istana Kepresidenan Bogor dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern (Wasin) Pemerintah, Kamis 27 Mei 2021 secara daring seluruh pemerintah provinsi dan daerah.

Menurut Jokowi, pengawasan harus bisa menjamin tidak ada satu rupiah pun yang salah sasaran.
“Tidak ada yang disalahgunakan, apalagi dikorupsi,” terangnya pada rakornas pengawasan intern (wasin).

Presiden Jokowi mengatakan, ia telah berkali-kali menyatakan tidak akan memberikan toleransi sedikit pun terhadap penyelewengan anggaran, terlebih di saat negara tengah berjuang melawan pandemi COVID-19.

“Semuanya harus hemat dalam rangka menghadapi pandemi. Di saat semuanya sedang bekerja keras untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi,” sebut Jokowi panggilan akrab Presiden RI, lebih lanjut.

Sementara Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur didampingi Inspektur Inspektorat Mukhtar Jaya bersama Sekretaris Inspektorat Sofyan Hamid usai mengikuti rakornas wasin tersebut mengatakan, siap mengawal peningkatan kualitas dan integrasi basis data untuk mendorong ketepatan dan kecepatan Delivery program pemerintah melalui optimalisasi laboratorium data forensik yang telah dikembangkan.

“Suaib Mansur melihat titik berat pengawasan saat-saat ini terletak di pengawalan untuk mendapatkan pemanfaatan dari semua program. Pengawalan dari semua program tersebut adalah untuk pemulihan ekonomi nasional,” sebutnya.

Rakornas kali ini merupakan komitmen bersama dalam menyelaraskan strategi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pengawasan intern. Dengan pengawasan yang lebih baik, kami harapkan belanja lebih efektif dan percepatan pemulihan ekonomi dapat tercapai, dan Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur meminta Inspektorat sebagai institusi penfawas di internal pemerintah daerah untuk terus mengawal setiap program pemerintah. 

“Program yang dicanangkan pemerintah harus dikawal untuk mempercepat dan memperkuat pencapaian tujuan dalam rangka mempercepat pemuligsn ekonomi nasional terutama pemulihan di daerah kita yang dijuluki Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red),” tandas Suaib Mansur.

Sekadar diketahui, Wakil Bupati Suaib Mansur mengikuti rakornas wasin di Ruang Command Center Kantor Bupati didampingi Mukhtar Jaya Inspektur dan Sekretaris Inspektorat Sofyan Hamid.

Dan dilayar daring rakornas wasin, hadir mendampingi Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor yakni, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.(mor/yus)