Si Modis di Launching Bupati Luwu Utara, Untuk Bank Data IT Pelayanan Publik

Masambanwes Luwu Utara – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani resmi me-launching/meluncurkan inovasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pra Mandiri SPBE/Si Modis Lutra, pada Jumat kemarin 7 Mei 2021 diruang Command Center Kantor Bupati, dimana dirangkaikan Penandatanganan MoU Pemda Luwu Utara dan ITS Surabaya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Sistem tersebut bertujuan untuk jikal bakal terbentuknya Bank Fata IT di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), dimana inovasi ini merupakan aksi perubahan peningkatan kinerja organisasi terkait indeks SPBE Lutra yang dijuluki Bumi Lamaranginang,” ucap Kepala Bidang (Kabid) e-Gov Kominfo Lutra, Nirwan Syakir yang juga inovator Si Modis Lutra.

“Dengan adanya sistem atau inovasi yang terintegrasi ini, akan menginternalisasi proses monitoring dan evaluasi (monev) SPBE sampai keseluruh Perangkat Daerah terkait, sehingga setiap Perangkat Daerah di Bumi Lamaranginang diberi akses untuk memasukkan data dan informasi sesuai tusi dan tanggungjawabnya didalam penyelenggaraan SPBE secara Daring,” terang Kabid e-Gov Nirwan Syakir.

Sehingga nantinya, jelas Nirwan Syakir dengan Si Modis Lutra para Perangkat Daerah terkait akan memperokeh gambaran capaian, saran, dan perbaikan indeks SPBE Pra Mandiri sebelum evaluasi mandiri dan dievaluasi oleh asesor eksternal dari Kementerian PAN-RB, dalam hal ini ITS Surabaya.

” Kita juga tentu berharap dengan kehadiran Si Modis Lutra menjadi sarana untuk satukan visi dan membangun kolaborasi SPBE antara Tim Koordinasi SPBE dan Evaluasi Internal SPBE,” jelas Nirwan.

“Sementara Bupati berharap, hal tersebut diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan nilai indeks SPBE Lutra, sehingga bisa berdampak pada sektor pelayanan publik. Si Modis ini juga bisa meningkatkan efisiensi pelaporan, karena informasi disebarkan secara daring serta cepat, tepat, dan akurat,” tandasnya. (mega/yus)