Puluhan CASN Ikuti Latihan Dasar, Prinsip 100-0-100 Harus Dipegang Komentar Bupati

Masambanews, Luwu Utara – Sebanyak 80 Calon Aparat Sipil Negeri (CASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti latihan dasar (latsar).

Kegiatan dengan pola kemitraan antara BKPSDM Lutra dengan BPSDM Provinsi Sulsel ini dibuka oleh Bupati Hj. Indah Putri Indriani di Aula Hotel Bukit Indah, Rabu 2 Juni 2021, ditandai dengan penyematan tanda peserta latsar secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Bupati Luwu Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lutra, Hj. Indah Putri Indriani mengatakan, kegiatan pelatihan dasar CASN merupakan proses yang wajib diikuti semua CASN, guna memotivasi dan membangun diri agar lebih disiplin, profesional dan berdedikasi, memiliki kompetensi yang handal selaku aparatur, serta melayani, sehingga mampu bekerja secara optimal, baik dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, serta pelayanan publik.

“Dengan demikian, akan tercipta Aparatur Sipil Negara yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa”, ujar Indah.

Selain itu, Bupati perempuan dua periode di Sulawesi Selatan ini, juga mengingatkan prinsip 100-0-100 yang harus dipegang oleh setiap aparatur Pemkab yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red) dalam melaksanakan tugas yakni, 100 persen ‘Benar dalam Perencanaan serta Pelaksanaan Program’, 0 persen ‘Kesalahan’, dan 100 persen ‘ Benar dalam Pelaporan dan Pertanggungjawaban.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Lutra Nursalim Ramli yang mendampingi Bupati Lutra bersama Asisten Administrasi Umum dan Kepala BPSDM Sulsel, mengatakan latsar CPNS tersebut akan berlangsung selama 51 hari, dari tanggal 2 Juni hingga 26 Juli 2021.

“Peserta terbagi menjadi 2 angkatan yakni angkatan XVIII dan XIX, dimana peserta latsar yang terbanyak dari fungsional guru 51 orang, kesehatan 17 orang dan struktural 12 orang,” jelasnya.

Latsar CASN ini, bertujuan untuk mengembangkan potensi CASN yang dilakukan terintegrasi. Terintegrasi yang dimaksud, yaitu memadukan antara jalur pelatihan klasikal dengan non-klasikal, serta kompetensi sosial kultural dengan kompetensi.(yus)

Sekadar diketahui hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, Asri Sahrun Said bersama Forkopimda dan beberapa perwakilan Perangkat Daerah lainnya.(mor/yus)