Masyarakat di Dua Dusun Desa Pompaniki, Kini Nikmati Air Bersih Pamsimas

Masambanews, Luwu Utara – Ada 104 kepala keluarga (kk) atau 396 jiwa di Desa Pompaniki, Kecamatan Sabbang Selatan, yang menjadi penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas) berbasis masyarakat. Program ini diresmikan Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Rabu 1 Desember 2021.

Peresmian dirangkaikan dengan serah terima program dari Tim Pamsimas kepada Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) Suaib Mansur. Selanjutnya fasilitas diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Pompaniki Drs Jayadi untuk dikelola lebih lanjut.

Usai meresmikan program Pamsimas, Wabup Suaib Mansur didampingi Plt Kadis PU, Kepala Bapelitbangda, Camat Sabbang Selatan Fatmawati Beddu dan Jayadi Kades Pompaniki, mengaku bersyukur atas selesainya program ini di Desa Pompaniki.

“Air bersih itu kita saksikan sudah sampai ke rumah-rumah masyarakat di dua Dusun yakni, Dusun Longsamenna dan Dusun Bellu,” sebut Suaib Mansur mantan Kepala Dinas PUPR.

Suaib Mansur meyebutkan, air tersebut sudah memenuhi syarat kesehatan yakni, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Dan air yang diambil tersebut di bor ke tanah fekat menara Pamsimas.

“Secara topografi, kita dikelilingi oleh sumber-sumber air, namun tidak semua air itu bisa dikonsumsi langsung dan sehat, sehingga kehadiran program ini adalah wujud komitmen bersama untuk menuntaskan layanan dasar masyarakat terkait air minum,” terang Wakil Bupati Luwu Utara.

Pamsimas tersebut dibiayai melalui DAK-Penugasan yang kerjasamanya melibatkan partisipasi warga, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten. Pamsimas menyasar penyediaan air bersih dan sanitasi dengan tujuan meningkatkan perilaku warga untuk hidup bersih dan sehat.(moryus)