Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Harian Meningkat di Lutra, Waspada Jubir Minta Diaktifkan PPKM

Masambanews, Luwu Utara – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara meminta PPKM Mikro diaktifkan kembali karena kasus harian Positif Corona Virus meningkat.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan  
pandemi Covid-19 yang terjadi dalam tiga minggu terakhir yang menunjukkan empat kecamatan di Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red) menjadi zona kuning kembali.

“Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), I Komang Krisna pada media ini, Senin 28 Juni 2021, bahwa hari ini bertambah lagi 2 pasien positif dari Kecamatan Baebunta, dan akhir ini sudah 10 pasien yang terkonfirmasi corona virus,” terangya.

Berdasarkan data per Senin, 28 Juni 2021 pukul 12.00 Wita, keempat kecamatan yang menyumbang lagi kenaikan kasus positif covid-19 yakni hari ini Senin di Kecamatan Baebunta 2 pasien terkonfirmasi virus corona, Masamba 5 orang, Sabbang 1 orang Malangke Barat 2 orang, jadi masih 10 orang terkonfirmasi positif corona virus.

Perkembangan tersebut menjadikan Kabupaten yang dijuluki Bumi Lamarabginang masih 10 pasien positif covid-19.

“Ini menjadikan Luwu Utara menjadikan zona kuning kembali,” jelas Komang Krisna.

Sudah sepatutnya menjadi alasan kuat untuk kita bersama mengevaluasi kebijakan pengendalian dan mengaktifkan kembali dan dapat memastikan efektivitas khususnya penerapan kebijakan PPKM Mikro, semua unsur harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga tercipta penanganan yang komprehensif.

“Saat ini, persentase pembentukan Posko di semua desa/kelurahan masih cenderung rendah dan penting untuk diingat, efektivitas pemberlakuan PPKM Mikro sangat tergantung pada pembentukan Posko sebagai wadah koordinasi implementasi PPKM Mikro di tingkat Desa/Kelurahan,” sebut Komang.

Olehnya itu Jubir Covid-19 memintanta kepada Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani, khususnya Kecamatan Masamba, Baebunta Sabbang dan Kecamatan Malangke Barat yang ada pasirpen positif covid-19, untuk segera menginstruksikan ke Pimpinan Kecamatan (Camat) Bupati di untuk meningkatkan kinerja PPKM Mikro.

“Langkah selanjutnya adalah memastikan seluruh tugas dan fungsi dari posko tersebut dijalankan dengan baik oleh setiap unsur-unsur yang terkait. Ingatki dan Waspadaki Corona Virus terus berpacu dengan waktu dan jaminannya adalah nyawa, sehingga apabila seluruh Pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan sampai ke tingkat Dusun dan RT dapat melakukan langkah antisipatif sedini mungkin, hal tersebut dapat menjadi penyelamat banyak nyawa dan waspadaki’, selaluki disiplin memakai masker,” pesan Komang selalu mengingatkan.(moryus)