Capaian Imunisasi Corona Baebunta Selatan Baru 56 Persen, Camat Bilang Ini

Masambanews, Luwu Utara – Kecamatan Baebunta Selatan Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan baru mencapai capaian imunisasi corona virus 56 persen.

Hal tersebut disampaikan Muh Yamin Camat Baebunta Selatan pada media ini Minggu 25 Desember 2021 bahwa, diwilayah kami UPT Lara I sudah digaris kuning data dari Satuan Tugas Corona Kabupaten Luwu Utara sudah 56 persen capaian imunisasi (vaksinasi).
 
Menurut Camat Baebunta Selatan Muh Yamin didampingi Kepala UPT Puskesmas (PKM) Lara I Maha Amin, SKM, Kepala Desa Polewali, Bhabinkamtibmas, Babinsa bahwa, kami mengebut imunisasi disetiap desa untuk mencapai target nasional 70 persen capaian imunisasi.

“Alhamdulillah wilayah Kecamatan Baebunta Selatan sudah 56 persen capaian imunisasi per Minggu 25 Desember 2021,” sebutnya.
 
Muh Yamin menambahkan, saat ini Pemerintah Kecamatan Baebunta Selatan sedang terus mengebut capaian vaksinasi, agar dapat masuk ke Level 1. Ia menyebutkan, agar wilayah bisa berstatus Level 1, capaian vaksinasinya di daerah itu harus sudah di atas 70 persen. 
 
“Kita optimistis, pada akhir bulan desember 2021 ini, capaian vaksinasi 70 persen. Kalau indikator lainnya tetap stabil, saya yakin Kecamatan Baebunta Selatan bisa level 1,” tambahnya.
 
Walaupun demikian, Muh Yamin mengingatkan supaya masyarakat tak lengah. Penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap disiplin terutama memakai masker harus senantiasa dilakukan. Sebab, indikator untuk menurunkan level bukan hanya capaian imunisasi (vaksinasi) corona virus.
 
Sementara itu Kepala UPT PKM Lara I, Maha Amin, SKM mengatakan, dalam 6 hari ke depan pihaknya akan mengejar target agar capaian vaksinasi mencapai 70 persen. Dengan begitu, Kecamatan Baebunta Selatan dapat berstatus Level 1 dalam penerapan PPKM.
 
Ia menjelaskan, untuk menjadi Level 1, wilayah atau daerah harus melakukan vaksinasi dosis pertama kepada masyarakat umum mencapai 70 persen. Selain itu, capaian vaksinasi untuk lansia harus sudah 60 persen. 
 
“Jadi tak menunggu sampai akhir Desember 2021. Desember kita inginnya hanya tinggal menuntaskan vaksinasi dosis kedua. Mudah-mudahan itu bisa kita selesaikan sebelum akhir Desember, 2021 ini,” katanya.
 
Sekadar diketahui bahwa, capaian vaksinasi dosis pertama untuk lansia baru mencapai 46,18 persen. (moryus)