Bupati Yohanis Bassang Buka Lomba Paduan Suara Natal 2021, Perebutkan Dua Kerbau Hadiah Utama

Masambanews, Toraja Utara – Lomba Paduan Suara Natal Pemerintah Daerah (Pemda) Toraja Utara (Torut) Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2021 resmi dibuka, 12 Desember 2021 Minggu sore oleh Bupati Torut Yohanis Bassang di Lapangan Bakti Rantepao.

Festival (Lomba) Paduan Suara Natal Pemda Toraja Utara Tahun 2021 baru pertama dihelat dan akan berlangsung satu minggu 12 hingga 18 Desember.

Bupati Yohanis Bassang dalam sambutannya mengatakan bahwa, ide festival ini lahir dalam rangka bagaimana Toraja Utara yang berjuluk Bumi Pongtiku sebagai daerah destinasi wisata yang mengedepankan pembangunan ke Imanan dengan melalui kegiatan keAgamaan seperti lomba paduan suara, dengan diharapkan lomba paduan suara natal ini akan memberi dampak positif untuk kemajuan wilayah Bumi Pongtiku.

“Festival (Lomba) paduan suara natal Pemda Torut di tahun ini baru mengangkat 2 kategori, kedepannya akan dibentuk sampai 4 kategori festival (lomba) paduan suara yakni untuk tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Sekolah Mrnengah Atas dan Umum,” sebut Bupati Torut yang akrab disapa Ombas dalam sambutannya.

Bupati berpesan kepada seluruh peserta dan penonton yang hadir bahwa, sebagai daerah tujuan wisata kita harus bersih, rapi, indah dan nyaman, jangan parkir sembarangan kendaraan, supaya tidak menimbulkan kemacetan di kota. Dan juga mari tertib dan taat protokol kesehatan terutama memakai masker.

Pada acara Pembukaan festival paduan Suara natal Pemda Torut, 2 (dua) ekor kerbau hadiah utama untuk dua kategori ditampilkan dihadapan para peserta dan penonton yang hadir memenuhi lapangan bakti Rantepao.

Dan dua ekor kerbau tersebut akan diperebutkan oleh 59 Tim dari 6 Kabupaten dan 2 Provinsi yang hadir sebagai peserta. Dari 59 tim terbagi kedalam dua kelompok yakni, kelompok A dengan jumlah 46 tim yang merupakan perwakilan Kecamatan, OPD dan Organisasi Gereja yang berasal dari Torut.

Sementara untuk Kelompok B kategori umum terdiri atas 13 tim yakni, 5 tim dari Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Luwu Timur 1 tim, Kota Palopo 2 tim, Kota Makassar 1 tim, Kabupaten Toraja Utara 2 tim dan Tana Toraja 2 tim.

Dalam acara Festival Paduan Suara Natal (FPSN) Pemda Torut tahun 2021 ini, panitia juga menyiapkan hadiah yang fantastis yakni, total hadiah uang pembinaan sebesar Rp230 juta.

Masing-masing kelompok (kelompok A dan B) akan memperebutkan uang pembinaan masing-masing Juara 1 hadiahnya 1 ekor Kerbau, juara 2 sebesar 20 juta rupiah, juara 3 sebesar 15 juta rupiah, juara 4 sebesar 10 juta rupiah, juara 5 sebesar 7,5 juta rupiah, dan juara 6 sebesar 5 juta rupiah.

Khusus untuk Kelompok A, hadiah uang pembinaan juga akan diberikan kepada tim yang menempati urutan 7-13 masing-masing 1,5 juta rupiah, dan urutan 14 – 19 masing-masing 1 juta rupiah.

Para tim yang akan berkompetisi juga akan memperebutkan Tropi Piala Bergilir Bupati Toraja Utara dan Piala Tetap untuk masing-masing kelompok.

Kegiatan Festival Paduan Suara Natal Pemda Toraja Utara tahun 2021 akan digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dimana peserta dan panitia wajib sudah divaksin minimal dosis 1 dan wajib rapid test untuk peserta dari luar Toraja Utara.

Sekadar diketahui bahwa, kegiatan FPSN 2021 ini, menghadirkan dewan juri profesional dan disiarkan secara langsung dilayar dan secara Streaming.(moryus)