Bupati Indah, Berkomitmen Bertekad Mengedukasi Petani untuk Kedaulatan Pangan Bisa Terwujud

Masambanews, Luwu Utara – Bupati Luwu Utara menjadi narasumber dalam diskusi mrmbicarakan kedaulatan pangan dengan mengangkat tema obrolin pangan yakni, Menakar Sistem Logistik Pangan Kabupaten Luwu Utara, di Warkop Dg Azis Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba Jalan Trans Sulawesi, Rabu 22 Desember 2021.

Dalam diskusi tersebut hadir pula Ketua DPRD Luwu Utara (Lutra) Basir, Wakil Ketua DPRD Karemuddin, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Makassar serta Kepala Cabang Bulog Kota Palopo.

Di kesempatan tersebut, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, menyampaikan kedaulatan pangan adalah cita-cita dan sekaligus keutuhan Negara Indonesia termasuk di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara.

” Dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Luwu Utara dengan kemampuan untuk mencukupi kebutuhan pangan serta melindungi pelaku utama produksi pangan yakni petani perlu untuk menyamakan persepsi,” sebut Bupati Indah.

Indah Putri Indriani menambahkan bahwa, kebijakan ketahanan pangan mencakup strategi capaian pangan yang meliputi stakeholder terkait untuk berkolaborasi dan bersama dalam pelaksanaan program kegiatan, seperti mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan.

“Termasuk menjadi Komitmen kita bersama untuk terus bergerak maju melakukan kerja-kerja pelayanan masyarakat sesuai dengan tupoksi kita masing-masing,” jelasnya.

Seperti langkah lainnya yakni, melakukan pendampingan kepada petani untuk pemanfaatan lahan pekarangan dalam geraka tanam sayur dipekarangan yang sasarannya pada Kelompok Wanita Tani (KWT).

Dan Pemda Luwu Utara akan menyiapkan serta memberikan bantuan bibit seperti, tomat, cabe dan sayur-sayuran, tujuannya yakni semata-mata untuk petani dalam menyukseskan program pangan lestari dan sifatnya stimulan.

” Berbicara logistik pangan kepada petani, kita penuhi dan dorong supaya warga menjadi produsen pangan dengan memanfaatkan Asset Based Community Development untuk keberlanjutan program,” papar Bupati perempuan dua periode di Sulawesi Selatan.

Indah sapaan akrab Bupati Luwu Utara menambahkan, dengan adanya diskusi obrolin pangan ini bisa menjadi media untuk evaluasi, berdiskusi, sharing informasi dan bertukar pikiran ide berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan.

“Menurutnya, kedaulatan pangan itu sudah menjadi tekad dan komitmen Pemda Lutra untuk bisa terwujud dengan baik, bukan hanya bicara kecukupan tetapi juga bisa memproduksi sendiri, serta meningkatkan kesejahteraan petani dalam upaya mencukupi pangan di Lutra ini,” ujarnya, seraya menambahkan ketahanan pangan menjadi faktor penting dalam penanggulangan kemiskinan juga.(moryus)