VIDEO: Tanggul Pasir Sudah Tinggi Tinggal 1,30 Meter Dari Jembatan Masamba, Air Sungai Meluap Lagi

video air sungai masamba meluap lagi

Masambanews, Luwu Utara – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Masamba dan sekitarnya, menyebabkan aliran Sungai Masamba meluap lagi ke jantung ibukota Masamba Luwu Utara (Lutra) dan menimbulkan luapan banjir, Selasa (4/8/2020) sore.

Meluapnya aliran sungai Masamba tersebut menyebabkan jalan utama trans Sulawesi ke arah jembatan Masamba ditutup karena tergenang luapan sungai Masamba. Kendaraan yang melintas di jalur tersebut diarahkan ke jalan lingkar.

Kapolsek Masamba, Iptu Budi Amin mengatakan, Polsek Masamba dan dibantu personil Polres Lutra mengerahkan seluruh anggota dibantu untuk mengatur lalu lintas agar kendaraan yang melintasi di jalur tersebut diarahkan ke jalan lingkar.

kapolsek masamba IPTU Budi Amin

Kapolsek Masamba menerima laporan bahwa tanggul-tanggul yang dibuat sudah ada jebol karena tinggi air di hulu sungai Masamba di Desa Maipi setinggi 2-2,5 meter.

Penyebab meluapnya aliran sungai tersebut, karena sungai Masamba sudah dangkal pasca banjir bandang melanda Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara, 13 Juli 2020 lalu.Sehingga ketika diguyur hujan di hulu sungai Maipi dipegunungan dan debit air hujan melimpah maka aliran sungai tersebut meluap dan tumpah ke jalan serta pemukiman warga yang sudah tertimbun lumpur pasca banjir bandang belum lama ini.

“Pemerintah sudah melakukan pengerukan atau normalisasi di sungai Masamba yang sudah dangkal,” ujar Kapolsek Masamba.

Dan banjir juga karena banyak saluran drainase yang masih tertimbun lumpur dan bongkahan kayu yang belum berfungsi, dan sementara jalan poros trans Sulawesi ditutup sementara waktu menunggu air surut. (yustus)