Tiga UPBU di Bumi Lamaranginang, Perketat Protokol Kesehatan di Bandara

Masambanews, Luwu Utara – Tiga Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kabupaten Luwu Utara, yakni UPBU Andi Jemma Masamba, UPBU Seko dan UPBU Rampi memperketat penerapan protokol kesehatan secara ketat di Bandara.

Ketatnya pengawasan terhadap protokol kesehatan ini untuk mendukung Maklumat Kapolri dan Pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPBU Kelas III Seko, Semuel T Duma, ST, MT pada media ini, Jumat (25/9/2020) siang, bahwa protokol kesehatan di Bandara Seko, Rampi dan Andi Jemma Masamba kita fokus pada jaga jarak (physical distanding), pengecekan kesehatan (health screening), layanan tanpa sentuh (touchless processing), kebersihan fasilitas (facility cleanliness & sanitizing), dan perlindungan terhadap setiap individu di bandara (people protection).

Kepala Bandar Udara kelas III Seko mewakili Kepala UPBU Rampi, Asegaf dan Andi Jemma Masamba, Pjs Basuki Rahmat mengatakan, setiap personel di Bandara memastikan lima fokus tersebut dapat diwujudkan di kebandar udaraan.

“Pengecekan suhu tubuh traveler dijalankan di terminal keberangkatan dan kedatangan, dilakukan secara ketat dan juga pemakaian masker selalu juga di tekankan,” kata Semuel.

“Di seluruh area bandara juga rutin dilakukan disinfeksi dan disediakan berbagai fasilitas seperti hand sanitizer dan wastafel. Setiap orang di terminal penumpang juga wajib menggunakan masker,” sambungnya lagi.

“Berbagai upaya dilakukan di bandara untuk protokol kesehatan demi menjaga kebersihan dan higienitas bandara,” jelas Semuel T Duma.

Selain itu, kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan juga mulai terjaga berkat perketat protokol kesehatan.

Lebih lanjut Semuel menuturkan, saat ini kondisi penerbangan di Bandara masih berada dalam koridor regulasi yang ditetapkan sesuai dengan Surat Edaran Ditjen Perhubungan Udara Nomor SE 13/2020.

“Melihat keadaan sekarang virus corona masih meningkat, Bandara Seko, Rampi dan Andi Jemma Masamba masih sangat optimal dan maksimal dalam beroperasi dengan mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi tersebut,” jelasnya lagi.

“Kami terus menunjukkan dan menyakinkan kepada masyarakat konsisten menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan sebaran virus corona yang telah sesuai dengan standar,” pungkas Semuel T Duma.(yustus)