Tiga Paslon Mendaftar, Baru Dua Kontestan Ditetapkan Calon Bupati Lutra Ikut Pilbup 2020

Masambanews. Luwu Utara – Rapat pleno tertutup Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan, pukul 10.00 Wita, Rabu (23/9/2020), memutuskan dua bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Lutra resmi berkompetisi pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lutra 9 Desember 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lutra, H. Syamsul Bachri sebagai Ketua KPU membacakan Surat Keputusan Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara.

“Hasil penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Lutra. KPU Luwu Utara menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memerhatikan dan seterusnya, menetapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara 2020 terlampir,” kata H. Syamsul Bachri.

Ketua KPU Lutra berlatar belakang pensiunsn PNS terakhir sebagai Sekwan Lutra ini selanjutnya, membacakan lampiran surat keputusan tersebut.

“Lampiran nama calon Bupati dan Wakil Bupati Lutra berdasarkan urutan regulasi sesuai abjad nama calon Bupati. Pertama Indah Putri Indriani-Suaib Mansur, partai pengusung Golkar, PAN, Demokrat, PDI-Perjuangan dan PPP,” katanya.

Kemudian dilanjutkan, “Kedua, Muhammad Thahar Rum-Rahmat Laguni, partai pengusung Nasdem, Perindo dan PKB,” ucap Ketua KPU.

Pengumuman itu memastikan, tiga bapaslon yang mendaftar di KPU Lutra, lolos semuanya dan memenuhi semua persyaratan untuk menjadi pasangan calon.

Dan terkhusus Arsyad Kasmar sudah sembuh dari virus corona, dan tinggal menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dalam minggu ini.

“Saya menyampaikan, selain kegiatan yang kita saksikan sekarang, hasil penetapan calon berupa SK akan kita masukkan di web KPU Luwu Utara,” tambah H.Syamsul Bachri.

Sementara anggota Komusioner KPU divisi teknis, Hayu Vandy Pamorron menjelaskan bahwa berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2020, ada perlakuan khusus bagi padanfan calon yang terkonfirmasi positif virus corona pada saat pendaftaran, dan itu sudah diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2020 di pasal 50C, dan dilakukan perlakuan setara dengan calon yang sudah ditetapkan sebagai calon hari ini,” terang Hayu Vandy.

Dan untuk perlakuan ini Arsyad Kasmar-Andi Sukma akan mendapat nomor butut atau nomor 3. Pada pukul 14.00 Wita dilanjutkan dengan rapat koordinasi pengundian nomor urut dan kampanye damai penandatanganan pakta integritas.

Sekadar mengingatkan, untuk besok, Kamis 24 September 2020 pengundian nomor urut calon, tidak ada konvoi/pengerahan massa dan ikuti protokol kesehatan dengan 3M.(yustus)