Supaya Jangan Saling Serang Menyerang di FB Soal Calon Bupati Lutra: Ini Cara Gampang Ketahui Akun Palsu

Masambanews, Luwu Utara – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) 9 Desember 2020. Akhir-akhir ini, banyak sekali akun palsu bertebaran di media sosial dengan dalil saling serang menyerang dengan kata-kata/kalimat yang kasar yang tidak etis di dunia maya.

Hampir di semua media sosial selalu ada saja akun-akun palsu, tak terkecuali Facebook yang terkenal dengan keamanannya. Tujuan akun-akun palsu itu dibuat pun beragam, mulai dari iseng belaka hingga sebagai alat untuk menipu, alat untuk saling mengejek serta saling serang menyerang para tim di Pilkada terutama di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara.

Jadi dibutuhkan kehati-hatian ketika berhadapan dengan akun palsu.
Namun jangan sampai kita menganggap semua akun di Facebook palsu, karena masih banyak juga akun yang asli dengan tujuan baik.

Nah, ini cara gampang mengenali dan mengetahui akun palsu di Facebook dari foto pofilnya yakni, pertama, ambil foto profil dari akun Facebook tersebut, lalu beralih ke Google.com atau Yandex.

Kemudia kedua, ketika sudah masuk Google lalu masuk google image atau google gambar, ketiga kalau kita sudah berada di Google image atau Googel gambar, klik ikon kamera di sebelah kanan kolom pencarian.

Keempat, masukkan foto profil yang kamu ambil tadi ke fitur upload an image, atau dengan cara lain yakni meng-copy alamat URL tempat foto profil itu berada di facebook dengan memakai fitur paste image URL. Setelah selesai memasukkan gambar atau link klik Search by Image.
Kelima, setelah menunggu beberapa saat akan muncul data terkait foto profil tersebut. Proses yang sama juga berlaku jika anda mencari di laman Yandex.

Dari tahap ini akan ketahuan, akun dengan foto profil yang banyak digunakan oleh orang lain bisa terindikasi akun palsu atau fake account. Sedangkan, jika foto profil tersebut asli dari si pemilik akun, maka data yang akan keluar hanya satu-satunya dari seorang pengguna Facebook itu saja. (yustus)