Sudah Zona Kuning Corona di Bumi Lamaranginang

Masambanews, Luwu Utara – Ini kabar gembira bagi masyarakat di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 58 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan Level 1 tertanggal 8 November 2021. Zona Covid-19 di Luwu Utara mengalami penurunan drastis dari orange (risiko sedang) menjadi kuning (risiko rendah).

Hal tersebut disampaikan I Komang Krisna SKM, M.Kes Juru Bicara Corona Kabupaten Lutra para wartawan media ini Jumat 19 November 2021 malam mengatakan bahwa, dari Instruksi Mendagri tersebut, Bumi Lamaranginang di Sulawesi Selatan sudah membaik. Di antaranya dari konfirmasi nol, dan yang di rawat atau isolasi mandiri sudah tidak ada.

“Per tanggal 8 November dari Instruksi Mendagri, kita Luwu Utara dinyatakan zona kuning atau resiko rendah,” sebut Komang, 20 November 2021.

Selain itu, dari data pantauan Covid-19 Lutra, kita di level 2 sekarang, hanya karena faktor ketersediaan vaksin terbatas. Kalo vaksinasi digenjot dan vaksin corona tersedia, maka kita di Level 1 (satu).

“Ini akan terus dievaluasi dan digenjot vaksinasi di sektor hulu perlu dikuatkan penerapan protokol kesehatan. Berkat kita semua yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik, zona menurun menjadi kuning di Bumi Lamaranginang,” ucap Komang yang juga Kepala Bidang Pencegahan Penyakit di Dinas Kesehatan Lutra.

Ia menambahkan, protokol kesehatan tetap diterapkan kendati seseorang sudahj divaksin, dan Luwu Utara kini berstatus zona kuning.

Terkait vaksin, Komang mengatakan, saat ini yang sudah vaksin dosis satu berjumlah 81.235 ( 32,4 persen) dan dosis dua 18,0 persen (45.072) yang telah divaksin di Bumi Lamaranginang.

“Saat ini sudah ada 126307 ribu dosis, terbagi untuk dosis satu dan dua,” tukasnya.(moryus)