Satgas Polantas Lutra, Preventif Ops Lilin Sapa Warga di Radio Fm Adira

Masambanews, Luwu Utara – Kepolisian Resor (Polres) Luwu Utara (Lutra) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Satuan Tugas (Satgas) Operasi Lilin 2020, dengan melakukan imbauan dan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan di radio FM Adira Masamba, Sabtu 26 Desember 2020.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Lutra AKP Syarifuddin bahwa, kegiatan tersebut adalah salah satu dari bagian Operasi Lilin 2020 Polres Lutra, dimana cara bertindak operasi lilin tahun ini difokuskan pada sosialisasi, penyuluhan serta disiplin ikuti protokol kesehatan (prokes) dan membacakan Maklumat Kapolri tentang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 oleh Ps Kanit Dikyasa Aiptu Made Sunaya.

Selain sosialisasi secara langsung melalui tatap muka dengan masyarakat, sosialisasi juga dilakukan melalui siaran radio. Adapun sosialisasi dan penyuluhan yang disampaikan adalah imbauan tentang disiplin berlalu lintas, serta disiplin protokol kesehatan untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin melalui Kasat Lantas AKP Syarifuddin menjelaskam bahwa, pihaknya sengaja melakukan sosialisasi melalui radio, karena dipandang efektif dan bisa didengarkan oleh masyarakat hingga pelosok desa.

“Selain sosialisasi tatap muka langsung dilapangan, kita juga gelar melalui radio, salah satunya adalah dengan Radio FM Adira hari ini, diharapkan seluruh masyarakat Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra bisa sadar untuk tertib berlalu lintas maupun tertib protokol kesehatan,” ucap Kasat Lantas.

Dalam Talk Show di radio FM Adira tersebut, petugas mengimbau agar masyarakat menaati rambu-rambu dan aturan lalu lintas, serta melengkapi surat kendaraan dan lisensi mengemudi.

Selain itu, dalam masa pandemi Covid-19 masyarakat diajak untuk membiasakan disiplin protokol kesehatan, yaitu dengan 4 M. Mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta menghindari kerumunan.

“Intinya kita ingin mengajak masyarakat supaya sadar untuk tertib. Baik tertib berlalu lintas, maupun tertib protokol kesehatan,” tandas AKP syarifuddin.

Sementara itu, masyarakat Desa Pompaniki Kecamatan Sabbang Selatan, Jusman mendengar siaran di Radio FM Adira sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dimana sosialisasi tertib lalu lintas dan protokol kesehatan memang penting dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulilah, antusiasme pendengar sangat baik, tentunya sangat bermanfaat. Dan harapannya semoga masyarakat bisa memahami dan melaksanakan hal tersebut, sehingga tiap kegiatan masyarakat bisa berjalan aman dan bebas dari Covid-19,” tandasnya. (yus).