Rangkaian HUT ke-48, Banteng Moncong Putih Luwu Utara Tanam Pohon di Lima Bantaran Sungai

Masambanews, Luwu Utara – Dalam rangkaian HUT Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) ke-48, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, melakukan penanaman pohon di 5 (lima) bantaran sungai di Bumi Lamaranginang julukan Lutra, bertepatan dengan Hari Jadi Luwu ke-753 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-75, Sabtu 23 Januari 2021.

Gerakan menanam pohon itu, dihadiri Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Sulsel, Esra Lamban yang juga anggota DPRD Provinsi Sulsel.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Luwu Utara, Mahfud Sidiq Irjaz, mengatakan pada media ini, gerakan menanam pohon itu merupakan rangkaian HUT PDI- Perjuangan ke-48 (10 Januari 2021) lalu.
Hal tersebut juga merupakan instruksi Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ini adalah instruksi Ketua Umum Ibu Megawati yang dilakukan oleh kader di seluruh Indonesia, terutama di Kabupaten Luwu Utara dan dalam penanaman pohon di lima bantaran sungai Daerah Aliran Sungai (DAS) di Lutra,” tuturnya.

Pada penanaman itu, sebanyak 780 bibit dengan berbagai jenis di Lutra akan di tanam para pengurus, kader dan simpatisan di bantaran sungai Radda Kecamatan Baebunta, sungai Walu-Walu Kecamatan Sabbang dan Kecamatan Sabbang Selatan, sungai Lampuawa Kecamatan Sukamaju, DAS Malangke serta bantaran sungai Rongkong.

Dalam gerakan menanam pohon, Mahfud Sidiq mengaku, terinsipirasi dari kecintaan almarhum Soekarno pada pohon atau tanaman berawal dari masa kecilnya yang dikenal dekat dengan alam.

“Di berbagai tempat yang almarhum kunjungi, Soekarno biasanya menyempatkan menanam sebuah pohon. Soekarno gemar menanam pohon,” jelasnya.

Lebih Lanjut, Mahfud Sidiq mengatakan, bahwa satu batang pohon sangat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa. Di samping menghasilkan buah, pohon bisa menahan erosi dan longsor serta mengurangi penyebab banjir, juga menjaga alam tetap hijau dan udara bersih.

Sementara itu, Esra Lamban, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, mengharapkan para kader partai ikut andil dalam melestarikan lingkungan dengan menanam pohon.

“Saya perintahkan seluruh Pimpinan Anak Cabang di 15 Kecamatan di Kabupaten ini untuk melakukan hal yang sama. Ini kado kita bagi PDI-Perjuangan dan pada Ibu Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Pusat, yang akan kita rayakan HUT-nya pada 23 Januari 2021 dan bertepatan pula dengan Hari Jadi Luwu ke-753 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-75 ,” jelas Esra Lamban.

Sekadar diketahui, di Sulsel sebanyak 48.000 bibit pohon disebar ke semua Kabupaten, dan kader serta simpatisan PDI-Perjuangan solid bergerak menjaga lingkungan dan mendukung pembangunan Nasional. (yus/ben)