Puskesmas Baebunta Terima Vaksin Covid-19, Tim Vaksinasi Siap Bekerja

Masambanews, Luwu Utara – Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara mendistribusikan Vaksin Covid-19 ke sejumlah puskesmas di Bumi Lamaranginang.

Vaksin Sinovac diantar langsung Kepala Instalasi Farmasi Kabupaten Luwu Utara, Darmiati, S. Si., Apt, dikawal oleh petugas kepolisian dari Polres Luwu Utara.

Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Puskesmas Baebunta dan beberapa Puskesmas lain di Luwu Utara, dilaksanakan pada Senin (1/2/2021). Penyerahan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Baebunta diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, disaksikan oleh Camat Baebunta, Andi Yasir Pasandre, S. Sos, M. Si, Danramil Sabbang dan Baebunta, Kapten ARM Yesaskar Garay, Kapolsek Baebunta, IPTU Rodo Parulian Manik, S. TK, dan sejumlah anggota TNI dan Polri.

Kepada media ini, Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, mengatakan jumlah vaksin Sinovac yang diterima sebanyak 100 vial dalam cold box beserta peralatan pendukung dan logistik lainnya. Vaksin Sinovac selanjutnya akan diberikan kepada Petugas Kesehatan pada tahap pertama.

” Vaksinasi Covid-19 akan kami lakukan mulai besok (Selasa, 2/2/2021) dengan sasaran pertama petugas kesehatan, dan semoga dapat dituntaskan dalam pekan ini juga.” kata Kapus Baebunta.

Vaksin Sinovac yang diterima, terang Hairul Muslimin, disimpan di tempat penyimpanan khusus vaksin untuk menjaga vaksin tetap berada pada suhu yang sesuai persyaratan (2-8 derajat Celcius).

” Vaksin disimpan pada tempat penyimpanan khusus vaksin, di tempat ber-AC, tanpa cahaya matahari langsung dan suhunya akan dikontrol sedikitnya 2 kali sehari. Ini untuk menjaga kualitas vaksin agar aman saat digunakan.” jelas Hairul Muslimin.

Selain di Puskesmas Baebunta, Vaksin Sinovac juga diserahkan ke Puskesmas Sabbang yang diterima oleh Kapus Sabbang, Jamaluddin, S. Kep, dan Puskesmas Sabbang Selatan yang diterima Kapus Sabsel, Sudarmi, SKM dan disaksikan unsur Forkopincam di masing-masing kecamatan.(yus)