Puskesmas Baebunta Laksanakan Lokakarya Mini, Kapus Minta Nakes Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2

Masambanews, Luwu Utara – Menjelang akhir Februari 2021, Puskesmas Baebunta Kabupaten Luwu Utara menggelar Lokakarya Mini Rutin, yang dihadiri seluruh pelaksana kegiatan puskesmas dan bidan desa.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 2 gedung rawat inap Puskesmas Baebunta itu, turut dihadiri Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara.

Dalam arahannya, Syahruni, SKM, M. Kes, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), meminta petugas kesehatan di Puskesmas Baebunta untuk terus meningkatkan kinerja dan perbaikan pelayanan.
” Di Puskesmas Baebunta ini telah ada perbaikan fasilitas pelayanan, diharapkan kinerja dan perbaikan pelayanan juga lebih meningkat lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja petugas puskesmas atas pelaksanaan kegiatan bulan sebelumnya, dan mengharapkan pada bulan-bulan selanjutnya dapat lebih meningkat lagi.

” Awal bulan Februari kita mulai pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan cakupan begitu baik, saya mengapresiasi ini. Selanjutnya pelaksanaan tahap 2 akan dilaksanakan bulan Maret, mohon ini dipersiapkan dengan baik dan seluruh tenaga kesehatan (nakes) sukseskan program nasional ini, ” terang Hairul Muslimin.

Pada Lokakarya Mini Rutin tersebut, mengemuka beberapa program/kegiatan yang perlu perbaikan pelaksanaan.

Pada Program Kesehatan Ibu dan Anak misalnya, cakupan kunjungan ibu hamil di Puskesmas Baebunta bulan sebelumnya masih di bawah target. Selain karena proyeksi ibu hamil lebih tinggi daripada realitas di lapangan, kegiatan penyuluhan dan konseling pada calon pengantin sebagai salah satu instrumen meningkatkan cakupan kunjungan ibu hamil K1 dan K6 belum berjalan maksimal.

” Kegiatan pelayanan catin (calon pengantin) harus ditingkatkan melalui koordinasi lintas sektor. Puskesmas harus membangun komunikasi dengan pihak eksternal seperti dengan Kantor Urusan Agama, di samping kita benahi alur layanan, dan persiapkan seluruh unit layanan Puskesmas dalam pemberian konseling kepada calon pengantin,” Kepala Puskesmas Baebunta.

Kegiatan Lokakarya Mini Puskesmas Baebunta ini menghasilkan sejumlah rencana kerja program puskesmas yang akan dilaksanakan pada bulan berikutnya. Kapus Baebunta mengharapkan terhadap rencana kerja yang dibuat, agar dilaksanakan dengan baik. (min/yus)