PPK Sabsel Bimtek PPS, PPDP Pemutakhiran Pada Pilkada Lutra

Masambanews, Luwu Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) pemutahiran data pemilih Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati pada PPK, PPS dan PPDP. Bimtek untuk PPS di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sabbang Selatan di jalan Trans Sulawesi Desa Dandang, Jumat (10/7/2020) sore.

Dalam Bimtek PPS tersebut, Surianti anggora PPK Sabsel sebagai narasumber mengatakan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) itu merupakan ujung tombak dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih dan PPDP mengemban tugas yang sangat penting yakni melayani hak konstitusional warga Negara dalam menggunakan hak pilihnya,” jelas Surianti Komisioner PPK Sabbang Selatan (Sabsel).

“Menurut Surianti sebagai narasumber Bimtek ke PPS, pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggungjawab,” terangnya.

Karena PPS nantinya akan membimtek lagi itu PPDP, untuk harus tepat dalam pencocokan data serta teliti dalam bekerja dan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah para Kepala Dusun di setiap wilayah TPS nantinya atau sebutan lainnya termasuk Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Untuk itu, PPDP nantinya wajib menggunakan Buku Kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. Buku Kerja dimaksud untuk menjadi buku panduan di lapangan sekaligus sebagai catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) sekaligus untuk koordinasi dengan pihak-pihak terkait”, jelas Surianti, seraya menambahkan bahwa secara prinsip PPDP bertugas dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lutra pada Pilkada 9 Desember 2020.

Sementara itu Ketua PPK Sabbang Selatan, Muh Nahrul mengatakan, hari ini PPK melaksanakan bimbingan teknis kepada PPS dan selanjutnya PPS juga akan membimtek PPDP terkait pemutakhiran data pemilih, karena pada tanggal 15 Juli 2020 serentak diadakan pencoklitan seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota yang ikut pilkada serentak dan tanda dimulainya Coklit serentak untuk penelitian yang akan dilakukan oleh PPDP.

“Bimtek sore hari ini dilaksanakan secara berjenjang. Dari KPU ke PPK, kemudian PPK melaksanakan Bimtek ke PPS, selanjutnya PPS ke PPDP. Dan harapan kami selaku PPK semua Bimtek sudah dilakukan sebelum tanggal 15 Juli 2020 dan seluruh PPDP siap menjalankan tugas melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit),” pesan Muh Nahrul Ketua PPK Sabsel.(yustus)