Polres Lutra Mensimulasikan TFG, Antisipasi Unjukrasa Anarkis

Masambanews, Luwu Utara – Menghadapi pengunjukrasa/demo anarkis, Polres Lutra para PJU, personil kompi 3 Brimob Baebunta, Koramil dan Satpol PP dan Damkar melakukan pelatihan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar jajaran Polres Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) di Aula Mapolres Lutra, Senin (12/10/2020).

TFG digelar sebagai simulasi dalam menerapkan Sistem Pengamanan Kabupaten dan menghadapi kontijensi/anarkis.

Simulasi TFG dipimpin langsung Kapolres Luwu Utara, AKBP Agung Danargito dan dihadiri Kabag OPS Kompol Anhar, Kabag Ren Kompol Arsyad Kaonga, Kasat Binmas Kompol Wake Andi Maming, Kasag Sabhara AKP Abu Bakar Salihi, Kadat Lantas AKP Syarifuddin, Kadat Reskrim AKP Syamsul Rijal, Kasat Narkoba Iptu Ferasmus Rande, KBO Lantas Iptu I Gede Soma, Kapolsek Masamba Iptu Budi Amin serya personil Sat Sabhara, personil Brimob Kompi 3 Baebunta, personil Koramil, Satpol PP Damkar.

Pelatihan TFG pengunjukrasa anarkis disimulasikan dalam kondisi menghadapi pengunjukrasa yang anarkis.

Kapolres Lutra AKBP Agung Danargito menuturkan, pelatihan TFG pengunjukrasa/demo anarkis, sebagai simulasi upaya pelatihan dalam penanganan pengunjuk anarkis dalam wilayah hukum Polres Luwu Utara.

“TFG adalah sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di lantai,” jelasnya.

“Tujuannya adalah untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personel baik pada saat aman maupun situasi anarkis,” sambungnya lagi.

Kabag Ops Kompol Anhar menambahkan, dilaksanakannya pelatihan TFG ini dalam situasi anarkis, agar personel dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan perannya masing-masing dalam keadaan demo kearah anarkis.

“Kegiatan pelatihan TFG yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Lutra sebagai bentuk kesiapsiagaan, apabila kedepannya terjadinya hal yang tidak kita inginkan, seperti contohnya tahapan menjadi darurat sipil dan bagaimana upaya-upaya yang akan dilakukan oleh Polri serta stakeholder terkait lainnya,” terang mantan Kasat Sabhara Polres Luwu.

Sekadar informasi Kapolres selalu mengingatkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan 3M, Memakai Masker Menjaga Jarak dan Mencuci tangan terlebih dalam melaksanakan tugas. (yus)