Polres Lutra Ajak Deklarasikan Pakai masker Tiap Tahapan Pilkada

Masambanews. Luwu Utara – Polisi Resort (Polres) Luwu Utara menggelar pertemuan koordinasi dalam rangka deklarasi atau kampanye pemakaian masker kepada masyarakat di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Senin (21/9/2020).

Kegiatan itu berlangsung di Aula Serbaguna Mako Polres Lutra dan menghadirkan tiga Tim/LO bapaslon, partai pengusung, anggota KPU, Bawaslu, Dandim 1403 Sawerigading, BPBD, Kejari, PJU Polres Lutra.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Agung Danargito melalui Wakapolres Kompol H.Amir Majid mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat bahwa, Pilkada tahun 2020 ini masih dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 dan berbeda dengan Pemilu yang lalu.

“Maka diharapkan dengan pertemuan rakor ini, masyarakat makin sadar tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya, terutama di tahapan-tahapan Pilkada seperti kampanye nantinya,” terang Wakapolres.

Kompol H.Amir Majid menegaskan, keterlibatan bakal pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Lutra, sebagai salah satu upaya pembelajaran dan contoh kepada masyarakat. Menurutnya, jika bakal calon pemimpinnya saja memberi contoh yang baik, maka masyarakat lainnya akan mengikuti.

“Kalau calon pemimpin mereka itu sadar pentingnya menjaga protokol kesehatan, ya harapannya masyarakat juga ikut melihat dan mengikutinya,”jelasnya.

Sementara itu, anggota komisioner KPU Lutra divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sulpiadi Halim menuturkan, kegiatan ini menjadi salah satu langkah konkret pihaknya yang sudah sejak awal melibatkan Bapaslon, untuk menegaskan kembali kepada masyarakat tentang protokol kesehatan ini dalam setiap tahapan pilkada.

Harapannya, Pilkada Lutra 9 Desember 2020 harus aman, lancar, dan sehat serta bebas dari virus corona.

“Kita tahu bersama bahwa, ada dua prasyarat Pilkada tahun 2020 ini diselenggarakan. Pertama bahwa harus dilanjutkan dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kedua, dengan menjunjung asas demokratis. Dalam konteks pertama itu, kita melibatkan Bapaslon,” ujar divisi Perencanaan Data dan Informasi, mengingatkan.

Uppi’ panggilan akrabnya Sulpiadi berharap bersama Polri, TNI, Tim/LO Bapaslon untuk kampanyekan/deklarasikan gerakan pakai masker dan segera dideklarasikan atau pakta integritas oleh setiap peserta Pilkada.

Menurutnya, hal itu sudah seharusnya tidak hanya menjadi komitmen Bapaslon saja, melainkan semua pihak, termasuk partai politik pengusung dan masyarakat di Bumi Lamaranginang ini.

Ia tidak memungkiri bahwa tahapan pendaftaran bakal pasangan calon yang sudah dilaksanakan, tetap terjadi kerumunan meski berada di luar kompleks KPU Lutra. Hal itu pun menjadi salah satu evaluasi juga untuk tahapan-tahapan selanjutnya.

Semua kita tahu, saat ini lembaga-lembaga yang menaruh perhatian terhadap situasi pandemi di tahapan Pilkada ini, mulai dari Satgas Covid-19 Gugus Tugas, Kepolisan, TNI, KPU hingga Bawaslu.

Menurutnya, perlu langkah-langkah konkret ke depan untuk mengantisipasi potensi kerumunan di tahapan-tahapan berikutnya.

“Masih ada pengundian nomor urut, kampanye, pemungutan, dan perhitungan suara. Itu semua punya potensi yang menimbulkan kerumunan. Maka dengan ini, semoga bisa disusul langkah konkret lainnya,” tandas Uppi’ panggilan akrabnya.(yustus)