Polisi Latihan Kendalikan Massa Pilkada Lutra

Masambanews, Luwu Utara – Polisi Resort (Polres) Luwu Utara menggelar latihan mengendalikan massa pengunjuk rasa dalam rangka penyiapan pengamanan Pilkada di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) 9 Desember 2020. Kegiatan berlangsung di halaman Mapolres Lutra, Jumat (28/8/2020).

Latihan melibatkan personil gabungan Polres Lutra utuk latihan Dalmas yang dipimpin Bripka Hamka Bukramang. Massa yang disimulasikan berunjuk rasa tiba-tiba anarkis dan menyerang petugas. Aparat pun sigap mengantisipasi.

Hal itu dituturkan Kabag Sumda Kompol Simon di sela-sela latihan tersebut, bahwa latihan ini diharapkan kemampuan anggota polisi dalam menghadapi pengunjuk rasa.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota siap dalam menghadapi Pilkada Lutra,” kata Kabag Sumda Kompol Simon pada media ini di sela-sela latihan Dalmas, seraya menambahkan latihan tersebut juga menjaga kekompakan personil serta menjaga kondisi dan kebugaran fisik dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pilkada Luwu Utara akan digelar pada 9 Desember 2020. Hingga saat ini hanya ada tiga nama yang disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon. Di antaranya Petahana Bupati Lutra, Indah Putri Indriani akan berpasangan Kadis PUPR Suaib Mansur, Petahana Wakil Bupati Lutra akan maju Calon Bupati berpasangan dengan anggota DPRD Lutra dari fraksi Partai Gerindra Rahmat Laguni serta petarung politik militan dan Pengusaha sukses yakni Arsyad Kasmar akan berpaket dengan anggota DPRD dari fraksi Partai Hanura, Andi Sukma.

Sekadar diketahui bahwa latihan Dalmas intuk menghadapi kericuhan ataupun suatu permasalahan yang melibatkan massa pengunjuk rasa, maka Polres Lutra sudah siap untuk mengatasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.(yustus)