PKM Sabbang Selatan Gelar Lokmin Lintas Sektor, Bahas Percepatan Cakupan Imunisasi Corona

Masambanews, Luwu Utara – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sabbang Selatan menggelar kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Triwulan IV akhir tahun, untuk membahas percepatan cakupan imunisasi (vaksinasi) corona virus dalam esehatan masyarakat di Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, Selasa 21 Desember 2021.

Kegiatan ini dibuka Camat Sabbang Selatan diwakili Sumail B, SE Kepala Seksi Pertanahan dan Pemerintahan, dan dihadiri Kapolsek Sabbang di wakili, Kepala Puskesmas Sabbang Selatan, para Kepala Desa, serta para perwakilan tenaga kesehatan se-Sabbang Selatan.

Lokmin Lintas Sektor ini membahas tentang percepatan cakupan imunisasi corona diakhir tahun 2021 dan pembangunan kesehatan di Kecamatan Sabbang Selatan, serta menjawab isu-isu strategis di sektor kesehatan, seperti progres penanganan corona virus, pelaksanaan imunisasi (vaksinasi) corona, yang semuanya adalah kegiatan rutin yang ada di Puskesmas (PKM).

Kepala Seksi Pertanahan dan Pemerintahan Kecamatan Sabbang Selatan Sumail B, SE mengatakan bahwa, kunci percepatan imunisasi corona virus serta pembangunan kesehatan ada pemerintah kecamatan, desa, TNI-Polri tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam mengedukasi warga untuk diimunisasi serta pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat.

Sumail berharap kepada seluruh tenaga kesehatan untuk selalu bekerja dengan menggunakan hati dalam memberikan pelayanan. “Kita sebagai aparatur, khususnya mereka yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, satu yang kita pegang, yaitu pelayanan,” sebutnya.

Menurutnya, pelayanan yang baik adalah faktor terpenting yang harus dipegang tenaga medis. Tak hanya tenaga medis, tapi semua aparatur yang bergerak di sektor pelayanan dasar seperi kesehatan.

“Negara modern itu maju dan berkembang, serta aksesibilitasnya cepat, karena dipengaruhi oleh faktor layanan itu sendiri. Nah, kita yang ada di kesehatan, jaga layanan itu dengan baik. Caranya, manage hati dalam memberikan pelayanan,” imbuhnya.

Untuk itu, kata Sumail, Lokmin Lintas Sektor harus menjadi perekat menyatukan kekuatan pelayanan. “Kumpul-kumpul seperti ini, berarti kita punya kekuatan. Bukankah kita bisa kuat karena kita bisa bersama, dan kita bisa sukses karena kebersamaan yang kita bangun. Jadi, sekali lagi, kita yang hadir ini harus bisa membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dalam pemberian layanan kesehatan terutama percepatan imunisasi supaya bisa sampai 70 persen cakupan diakhir tahun ini kepada masyarakat,” tukas Kasi Pertanahan dan Pemerintahan ini.

Kepala UPT PKM Sabbang Selatan Sudarmi Idrus, SKM mengatakan bahwa, Lokmin Lintas Sektoral adalah sebuah wadah diskusi seputar pelayanan kesehatan terutama percepatan imunisasi corona yang rutin dilaksanakan setiap triwulan dalam rangka mendapatkan informasi terkait masalah-masalah yang timbul dalam pelayanan kesehatan di desa.

“Dipertemuan ini kita pacu percepatan imunisasi corona, untuk meningkatkan peran serta para Kepala Desa dan aparatnya serta seluruh pihak untuk mengedukasi masyarakat terkait imunisasi corona virus,” tandasnya.

Untuk diketahui bahwa, cakupan vaksinasi di Kecamatan Sabbang Selatan hingga 20 Desember 2021 baru mencapai 48,18 persen dan baru Desa Batu Alang yang 67,85 persen menyusul Desa Terpedo Jaya 52,3 persen.(moryus)