Perketat Sebaran Virus Corona, Dinas P2KUKM Cek Suhu Tubuh Pegawai dan Tamu

kadis DP2UKM

Masambanews, Luwu Utara – Untuk meningkatkan pengawasan terhadap pegawai hingga tamu sebagai tindakan preventif sebaran virus corona Covid-19. Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan melakukan pencegahan dan pengecekan suhu tubuh, Selasa (7/7/2020).

Ini salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan mengecek suhu tubuh setiap orang yang masuk ke Kantor Dinas P2KUKM, di mana tindakan preventif ini dijalankan karena maraknya wabah virus corona di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra.

“Kegiatan ini sudah rutin kami lakukan sebagai tindakan pencegahan di lingkungan kantor kami dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang masuk ke kantor P2KUKM oleh tenaga yang kami siapkan,” kata Kepala Dinas P2KUKM, Drs.H.Kasrum Patawari, M.Si pada media ini, Selasa (7/7/2020).

Kasrum Patawari putra Kajang Bulukumba ini mengungkapkan, setiap pegawai dan tamu yang datang ke kantor P2KUKM, akan diperiksa petugas dengan menggunakan thermometer infrared.

“Setiap orang yang masuk akan ditempelkan alat pengukur suhu tubuh digital di bagian kening. Pengukuran suhu tubuh dilakukan di pintu masuk kantor,” ucapnya.

“Selain itu, sebelum masuk ruangan juga harus cuci tangan dan menyemprotkan diri yang sudah disediakan dan atau disemprot handsanitizer. Baru tes suhu,” sambung putra Kajang Bulukumba ini.

Apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5-38 derajat Celsius, tamu dan pegawai tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh tim kesehatan.

“Hal ini untuk cepat mengidentifikasi kondisi kesehatan yang bersangkutan secara lebih detail,” tambah Kasrum panggilan akrab Kadis P2KUKM Lutra.

Ditempat terpisah Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), pengukuran suhu tubuh ini juga terus dilakukan bagi pegawai staf dan tamu sampai kondisi di Indonesia dinyatakan bebas dari virus corona.

Dan sebagai tindakan preventif, kami juga menyiapkan hand sanitizer di depan sebelum masuk pintu gedung.

“Para pegawai dan tamu yang datang kami minta untuk membersihkan tangan sesering mungkin,” kata Kadis PMPTSP Lutra, Ahmad Yani.

Dalam melakukan dan memutus sebaran virus corona, DPMPTSP Lutra juga menyampaikan pengumuman mengenai imbauan menjaga kesehatan kepada pegawai yang ada di lingkungannya dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Sesuai arahan untuk mengantisipasi virus tersebut kami juga memasang pengumuman dipintu masuk sebagai pencegahan, agar bisa dilihat dan dibaca oleh setiap pegawai maupun tamu yang akan masuk kantor,” tukas Ahmad Yani. (yustus)