Pengurus Baru BUMDes HDJ Siao Bersaing Jual Beli Kakao Basah Petani, Hasruddin: Kami Sudah Bermitra PT Mars Cocoa

Masambanews, Luwu Utara – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sejatinya mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat desa. Untuk itu BUMDes dituntut terus berinovasi mengembangkan potensi kerakyatan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh BUMDes Harapan Dandang Jaya (HDJ) Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mengembangkan jual beli kakao basah petani dan bermitra dengan PT Mars Cocoa.

Hal tersebut disampaikan Ketua BUMDes Harapan Dandang Jaya (HDJ) Kecamatan Sabbang Selatan Luwu Utara, Hasruddin pada media ini, Senin 20 Desember 2021 bahwa, dengan melalui Dana Desa tahun 2021 yang sisa dari pengurus lama yang telah dialokasikan oleh Pemerintah Desa Dandang.

“Itulah yang kami pakai mengembangkan dengan jual beli kakao basah dari petani melalui Badan Usaha Milik Desa,” sebutnya.

“Desa kami ini sangat cocok juga untuk pengembangan ayam, ternak karena sumber makanan ternak yang melimpah dari petani. Masyarakat di sini banyak yang menanam jagung, padi dan daun jagung yang sudah dipanen itu akan dimanfaatkan untuk pakan ternak, begitu juga batang padi bisa digunakan untuk pembuatan pupuk kompos.
Selain itu, juga bisa mengembangkan rumput khusus pakan ternak melalui mesin pengolah pakan untuk ternak,” terang Hasruddin Ketua BUMDes HDJ.

Tahap awal, BUMDes HDJ akan fokus dulu di jual beli kakao basah petani. Kedepannya, menurut Ketua BUMDes HDJ masih banyak akan direncanakan untuk pengembangan usaha dan perekonomian masyarakat, seperti pengembangan ternak.

“Saya punya impian, BUMDes HDJ kedepannya akan maju, yang para pengurus di dalamnya pro aktif, jangan hanya nama di pacang dan bisa bekerjasama, berkolaborasi dengan masyarakat, supaya masyarakat tahu dan merasakan BUMDes ini,” jelasnya.

“Selain mengembangkan usaha jual beli kakao basah petani, BUMDes HDJ juga mewacanakan usaha ‘Warung BUMDes’ yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat. Ke depannya ‘Warung BUMDes’ ini diwacanakan bisa menampung hasil pertanian warga, seperti jagung, gabah dan tanaman palawija lainnya ” tuturnya.

Sekadar diketahui, demi mengoptimalkan pasokan biji kakao basah dari petani, kita sudah bermitra dengan PT Mars, untuk menjual biji kakao basah.(moryus)