Pemda Luwu Salurkan Bantuan Makanan Korban Puting Beliung di Lamasi Timur

Masambanews, Luwu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyalurkan bantuan korban angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Timur Desa Salupao dan Bululondong, Selasa 16 Februari 2021.

Dampak angin puting beliuang di Desa Salupao sebanyak 66 rumah 4 unit rata dengan tanah dan untuk rusak berat dan ringan masih sementara di data, sementara di Desa Bululondong yang terdampak angin puting beliung 3 rumah, satu rumah juga rata dengan tanah, dua rusak sedang serta 1 orang meninggal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Drs Sulaiman didampingi Dinas Sosial dan Kepala BPBD saat membagikan bahan makanan dan air mineral kepada para korban di dua desa tersebut.

Dilokasi bencana angin puting beliung tampak pula anggota DPRD Luwu Herman Faral dan pengurus Pemuda Pancasila Erwin Barabba

“Kami berharap bantuan itu dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung itu,” tutur Sekda Luwu.

Penyaluran bantuan makanan dan air mineral tersebut dan dan dapur umum sementara juga didirikan. Diperkirakan bantuan itu bisa meringankan beban sementara untuk kebutuhan konsumsi masyarakat yang terdampak bencana.

Peristiwa angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Timur kemarin Senin (15/2/2021) sekira pukul 12.30 Wita, mengakibatkan rumah rata dengan tanah dan rusak berat serta ringan, satu warga meninggal akibat ditumbangi pohon yang tumbang.

Sebagian besar kondisi rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap sehingga atap berjatuhan dan rata dengan tanah.

“Kami minta warga sabar menfhadapi bencana ini dan pemerintah akan berusaha untuk membangun rumah yang diterjang angin puting beliung, agar bisa segera ditempati dan masyarakat juga bergotong royong untuk memperbaiki bangunan yang rusak,” tambahnya.

Sulaiman juga menghimbau, masyarakat tetap mewaspadai angin puting beliung karena memasuki masa pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau. Potensi angin puting beliung berpeluang sore hari dan ditandai ciri-ciri siang hari terik matahari dengan suhu 33 derajat celcius.

Kemudian, kata dia lagi, sore hari awan berwarna hitam disertai hujan lebat sehingga berpotensi angin puting beliung. “Kami minta warga waspada cuaca buruk itu,” tandasnya. (yus)