Pembangunan DAK, 4 RKB SDN 011 Rantepasang 60% Hampir Rampung di Kerjakan

Masambanews, Luwu Utara – Banyak Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), saat ini tengah melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana sekolah secara swakelola. Ada beberapa sekolah yang melaksanakan pembanguan sarana prasarana hampir rampung/selesai dikerjakan.
 
Misalkan saja pembangunan empat ruang kelas baru (RKB), di SDN 011 Rantepasang, Desa Buangin Kecamatan Sabbang Selatan. Pembangunan swakelola sarana prasarananya hampir selesai. Yang menarik, pembangunan 4 RKB SDN pada 2020 ini tidak menggunakan jasa kontraktor. Tapi dilaksanakan secara swakelola sekolah.

“Pembangunan mulai dilaksanakan tanggal 25 Juni 2020, empat ruang kelas baru sedang dalam tahap 60% selesai,” kata Kepala SD Negeri 011 Rantepasang, Andreti Kae kepada media ini, Minggu (9/8/2020).
 
Bangunan 4 RKB sementara dalam tahap plester dinding. Andreti mengatakan, proyek ini sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan jumlah Rp 725.705.000, dengan lama pelaksanaan 124 hari kalender, dan berakhir 25 September 2020. Dan proyek swakelola ini hampir selesai.

“Proyek swakelola ini berbeda dengan proyek-proyek sebelumnya. Kalau sebelumnya menggunakan tenaga kontraktor, proyek swakelola ini tidak, dibangun panitia pembangunan sekolah. Meski tanpa kontraktor. Pembangunan Ruang Kelas Baru sekolah tidak melibatkan kontraktor, termasuk pengadaan perabotan sekolah. Boleh dilihat hasil kerja pembangunannya,” terangnya.
 
Dikatakan proyek swakelola pembangunan 4 RKB baru di SD Negeri 011 Rantepasang dapat dijadikan sebagai contoh kerja proyek pembangunan swakelola di Lutra. “Serta dapat memperkuat kepercayaan pusat dalam pelaksanaan proyek dan program kegiatan di daerah, khususnya di Lutra,” pungkasnya. (yustus)