PDAM Luwu Timur Upayakan Beri Pelayanan Maksimal Kepada Pelanggan

Masambanews, Luwu Timur – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan. Selain membenahi pengolahan yang bertujuan memberikan kualitas air yang lebih baik, PDAM juga bertekat terus mengembangkan jaringan saluran kepada pelanggan.

Hal ini disampaikan Plt. Direktur PDAM Kabupaten Luwu Timur, Syaifullah, SST, ketika ditemui wartawan di kantornya, Selasa (1/2/2021). Ia mengatakan, saat ini pihaknya akan jadikan Program Air Minum Perkotaan Kementerian Cipta Karya PUPR melalui penyertaan modal Pemerintah Daerah Luwu Timur untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“Terkait distribusi kepada pelanggan ke depan, Insya Allah lewat program tersebut kami upayakan maksimalkan pelayanan yang lebih baik dan semoga bisa memuaskan para pelanggan yang mana saat ini sudah mencapai sebanyak 15.000 pelanggan,” ucap Syaifullah.

Menurutnya, evaluasi baik teknik maupun administrasi akan jadi salah satu langkah dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Maka dari itu, berkaca dari visi perusahaan daerah yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat Luwu Timur dengan terwujudnya pelayanan PDAM yang prima, mandiri dan memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Luwu Timur PDAM perlu memiliki pola pelayanan berorientasi kepada pelanggan dan penunjang otonomi daerah,” kata Syaiful.

Pihaknya pada awal tahun ini masih berupaya memaksimalkan distribusi air bersih dengan terus membenahi jaringan instalasi.

“Tahun ini kami targetkan pelayanan maksimal terhadap pelanggan yang ada saat ini, dimana masih banyak pelanggan yang kondisinya belum maksimal, bahkan tidak terdistribusi dengan baik disebabkan wilayah mereka berada di ujung jaringan yang sudah tidak ada tekanan sembari menunggu pembangunan jaringan distribusi utama oleh PUPR” pungkasnya.

Ia mengusulkan dalam membangun distribusi utama, menurutnya di Kabupaten Luwu Timur sangat penting untuk pengadaan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM).

“Membangun distribusi harus ada Rispam dan sangat penting dimiliki di Luwu Timur, untuk merencanakan secara keselurahan dan memanfaatkan semua sumber yang ada guna mengcover masyarakat di seluruh Lutim,” ungkap Syaiful yang saat ini sudah 5 tahun menjabat sebagai Plt. Direktur PDAM Luwu Timur.

Untuk itu, ia mengharapkan agar ada terobosan dari stakeholder PDAM Kabupaten Luwu Timur, seperti memanfaatkan sungai Malili atau aliran sungai Larona yang sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau. Tak lepas daripada itu, dalam pengembangan ini, ia berharap khususnya di Luwu Timur seperti di Lakawali Sampai kecamatan Angkona Bagian Poros, ia mengusulkan adanya pembangunan transmisi utama sistem gravitasi dari hulu Sungai Cerekang.

Oleh karena itu, berkenaan dengan rencana membangun jaringan distribusi serta dapat memenuhi pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik, Syaiful berharap ada perhatian dari pusat. Ia mengusulkan kepada pihak terkait dalam hal ini Kementerian PUPR dapat menganggarkan bantuan modal, guna menerapkan program PDAM Luwu Timur agar dapat lebih meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan air bersih kepada masyarakat. (yus/ben)