Oleh-Oleh Galeri Pojok UMKM, 30 Binaan Dinas P2KUKM Luwu Utara

Masambanews, Luwu Utara – Untuk mendukung Usaha Kecil Menengah masyarakat di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam peningkatan ekonomi masyarakat, pusat oleh-oleh galeri pojok Usaha Kecil Menengah (UKM) di Baliase Kecamatan Mappedeceng, binaan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Kabupaten Lutra. Galeri Pusat oleh-oleh UMKM berada di Baliase.

Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Pengembangan SDM pada Dinas P2KUKM Kabupaten Lutra, Sitti Hadijah pada media ini, Rabu 28 April 2021 mengatakan, galeri pojok pusat oleh-oleh UMKM tersebut menampilkan dan menjual, sekaligus membantu memasarkan produk-produk dari 30 UKM yang sudah memasukkan barang-barang kerajinan mereka untuk dijual.

“Berbagai macam produk makanan dan sejumlah produk fashion (konfeksi). Selain itu kita juga membantu pemasarannya, baik secara langsung maupun online, dengan mempromosikannya dari lingkungan pemerintah hingga masyarakat Bumi Lamaranginang (Lutra, red) untuk memprioritaskan poduk lokal dalam memenuhi kebutuhan pembeli, baik warga yang lewat dengan kendaraan di Baliase,” kata Sitti Hadijah kepada wartawan media ini.

Masih menurut Sitti Hadijah, pihaknya telah mencatat sebanyak 30 Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) yang aktif memasukkan barang dagangannya ke galeri pojok disini, dengan berbagai bidang usaha di Kabupaten Lutra. Dari UMKM dengan bidang usaha industri kecil, industri rumah tangga.

“UMKM ini ujung tombak sebelum pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi setelah mewabahnya pandemi Covid-19. Dengan memprioritaskan produk lokal dari hasil produksi UMKM ini adalah bentuk dukungan masyarakat kepada pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi daerah,” jelasnya.

Selain itu, masih dalam usaha pemulihan ekonomi daerah dan nasional, dikatakan Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan SDM PWKUKM Lutra, pun telah mengajukan UMKM aktif dan memenuhi syarat atau kriteria kepada pemerintah daerah untuknbantuan pengembangan Usaha Masyarakat Kecil Menengah..

“Kita sudah menerima 30 UKM yang aktif binaan Dinas P2KUKM yang memasukkan barang industri rumah tangga ke galeri pojok oleh-oleh UKM.

Sekadar diketahui untuk UKM yang bermohon untuk menerima bantuan dari usaha, ini kriteria atau syarat penerima bantuan tersebut yakni, WNI yang memiliki KTP elektronik, memiliki usaha mikro yang dibutuhkan dengan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), tidak sedang menerima kredit perbankan. (mega/yus)