Momentum Puncak Hari Bersejarah, Sinergi Tana Luwu Aman Sehat Dilaksanakan Ditengah Pandemi Covid19

Masambanews, Luwu Utara – Ditengah pandemi Covid19 peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke-753 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) Ke-75 berjalan sukses dengan virtual dilaksanakan, walaupun perayaan tersebut tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Puncak HJL ke-753 dan HPRL ke-75 se Tana Luwu (Kabupaten Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur) tahun ini dipusatkan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Lutra) di Aula La Galigo Kantor Bupati, Jalan Simpurusiang, 23 Januari 2021.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya ada berbagai event dan hiburan, maka pada peringatan tahun ini tidak ada kegiatan yang mengumpulkan banyak massa seperti itu, “Tidak ada event-event atau hiburan, hanya ada acara kemarin, ziarah ke makam Pahlawan dan ziarah ke makam Datuk Sulaeman,” jelas Bupati Luwu Utara.

Lebih lanjut ia mengatakan puncak hari bersejarah Tana Luwu diikuti oleh seluruh Kantor Satuan Kerja  Perangkat Daerah (SKPD) secara virtual melalui video conference, serta dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, beberapa anggota DPRD Provinsi Sulsel seperti Raqwa Muller, Husmaruddin, dan Andi Hatta Marakarma, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf Gunawan, Kapolres se Tana Luwu.

Serta hadir pula Ketua DPRD Lutra Basir, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Sekda Lutra Armiady, Sekda Luwu Sulaiman, Sekda Lutim Basri Suli dan juga mantan Bupati Lutra 2010-2015 Arifin Junaidi, Makole Baebunta Andi Masita beserta perwakilan pimpinan Kepala Daerah di Tana Luwu, Forkopimda Lutra serta sejumlah tokoh adat, tokoh Agama.

“Semua SKPD dan Kantor Kecamatan mengikuti jalannya puncak peringatan HJL dan HPRL, melalui video conference tentunya, kita tidak bisa mengundang banyak massa, dalam puncak peringatan tersebut. Dan dengan bersinergi tanpa batas untuk menciptakan rasa aman dan bersinergi sehatp di Tana Luwu ini,” terang Bupati Lutra Indah Putri Indrani.

Meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya Indah Putri Indriani mengharapkan perayaan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu, tahun ini tetap berjalan khidmat dan penuh semangat seperti tahun-tahun sebelumnya. (yus/ben)