Luwu Utara Daerah Pengangguran Terendah di Luwu Raya, Pada FGD Data BPS TPT Agustus 2021

Masambanews, Luwu Utara – Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang Sulawesi Selatan (Sulsel) , melaksanakan Focus Group Discusisen (FGD), di Ruang Command Kantor Bupati Luwu Utara pada, Senin 6 Desember 2021 kemarin.

Kabupaten Luwu Utara menjadi daerah kabupaten/kota terendah dalam tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Luwu Raya. Tingkat pengangguran terbuka terendah di Bumi Lamaranginang yakni, 3,01 per Agustus 2021.

“Untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kabupaten yang dijuluki Bumi Lamaranginang berada pada posisi terendah, dan untuk Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Lutra dari tingkat sedang ketingkat tinggi, yakni 70,02,” sebut Asep Yahya, Subkoordinator Fungsi Neraca BPS Provinsi Sulsel.

Asep menambahkan bahwa, Kabupaten Lutra di tahun 2021 memikiki pertumbuha IPM rata-rata lebin dibanding provinsi. Bumi Lamaranginanf masuk 1 besar di Sulawesi Selatan tingkqt pertumbuhan IPM yakni, 0,66 persen dari tahun2021 tepatnya diangka 70,02,” ujarnya.

Sementara Plt Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Sulsel, Miftahuddin mengatakan bahwa, berdasarkan SP tahu 2020, jumlah penduduk Lutra menempqti urutan ke-11 terbanyak ditingkat pertumbuhan penduduk usia produktif 15-65 tahun di Lutra mengalami peningkatan dari 60 persen menjadi 68 persen.

” Pada bulan Mei-Juni 2022 kedepannya BPS akan melakukan pendataan. Untuk itu kami minta dukungan, karena mungkin nanti akan bertambah banyak petugas untuk data SP2020 di tahun 2022,” harapnya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani juga mengatakan bahwa,” penggunaan anggaran harus betul-betul tepat sasaran dan berdampak pada kesejahteraan warga Bumi Lamaranginang ” harapnya.

Dalam giat FGD tersebut hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Armiady, BPS Lutra serta para Kepala Pemerintah Daerah.(moryus)