Lutra Dilanda Dua Bencana, Masa Pandemi Covid 19 Banjir Bandang Lumpur, Peringati Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 75 Sederhana

Masambanews, Luwu Utara – Meski masih dalam suasana pandemi covid 19 dan bencana banjir lumpur tanah longsor Kabupaten Luwu Utara (Lutra) julukan Bumi Lamaranginang tetap semangat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75 sederhana, dengan thema Luwu Utara Kuat Luwu Utara Bangkit, dengan dipadukan thema Indonesia Maju, Senin (17/8/2020), bertempat di halaman Kantor Bupati Luwu Utara.

Para peserta apel pun dibatasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tapi segala keterbatasan di tengah pandemi ini dan bencana banjir bandang lumpur, tidak menurunkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta tidak juga mengurangi rasa syukur. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk tetap memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75 dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dengan penuh hikmah dan semangat Luwu Utara Kuat Luwu Utara Bangkit.

Bupati Lutra Indah Putri Indriani kepada mengatakan, dengan peringatan Kemerdekaan RI ke-75 ini, menjadi bahan mengkroscek kembali semangat perjuangan para pejuang yang terdahulu serta dapat mengimplementasikan dalam pembangunan ditengah bencana banjir lumpur dan situasi pandemi covid-19 di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang khususnya.

“Kita merupakan pewaris pengisi kemerdekaan tentunya harus lebih semangat dari perjuangan para pahlawan terdahulu dengan cara memberikan suatu kontribusi kepada negara baik itu pemikiran maupun saran serta mengimpelementasikan setiap warisan yang telah di tinggalkannya,” ucapnya lagi.

Terakhir, Bupati Lutra membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, bahwa peringatan HUT RI ke 75 ini berbeda dengan tahun lalu, yakni tahun ini kita berperang melawan Covid-19, makanya dalam momentum ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersatu padu melawan dan meminimalkan potensi penularan Covid-19.

“Sehingga Dirgahayu RI ke 75 ini, mari kita jadikan suatu motivasi dan semangat untuk melawan dan memerangi virus corona serta Luwu Utara Kuat Luwu Utara Bangkit dari bencana yang melululantakkan segala sektor serta virus corona berimplikasi pada sektor kesehatan, ekonomi dunia dan serta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama dalam mengisi pembangunan khususnya pembangunan di Bumi Lamaranginang pasca banjir bandang lumpur,” terang Indah Bupati perempuan pertama di Sulsel.

“Semoga dengan semangat yang membara para pejuang kita yang telah merebut kemerdekaan ini kita lanjutkan dengan mengisi pembangunan yang lebih baik lagi,” pintanya.

Hadir dalam upacara apel itu, Kapolres Lutea AKBP Agung Danargito, Wakapolres Kompol Amir Majid, Ketua DPRD Basir, Sekda Armiady, Ketua Pengadilan Oki Basuki Rahmat, Kepala Kantor Kementerian Agama H. Nurul Haq, Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Arm Syafaruddin beserta para Danramil, para PJU Polres Lutra serta unsur Pimpinan OPD, para Veteran, Pimpinan BUMN dan BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainya.

Usai apel upacara Bupati Indah Putri Indriani melanjutkan pemanfaatan gedung sentra bisnis yang bisa memberikan ruang pada 200 UMKM untuk berjualan di sentra bisnis itu.(yustus)