Lansia di Desa Banyuwangi Suratemin 85 Tahun, Terima Vaksinasi Corona Virus

Masambanews, Luwu Utara – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan vaksinasi Corona Virus kategori lanjut usia (lansia), Sabtu 10 April 2021. Pemberian vaksin dilakukan secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, I Komang Krisna, SKM, M.Kes pada media ini mengatakan, usia lanjut yang terima vaksinasi Corona Virus yang tertua yakni, Suratemin umur 85 tahun dari Desa Banyuwangi Kecamatan Sukamaju Selatan dan Tugimin umur 73 tahun dari Desa Wonokerto. Dan sesuai pesan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bahwa pembagian vaksin ke setiap Puskesmas dilakukan secara proporsional sesuai zona.

“Sesuai petunjuk terbaru dari pusat, lansia sudah bisa divaksin dengan Sinovac. Karena jumlah vaksin terbatas, kalau acak kan eman-eman. Ini akan kita sudah petakan sedemikian rupa. Yang penting resikonya kecil tapi manfaatnya untuk mencegah agar lansia itu aman tidak terpapar dari Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya memilih memberikan vaksin di Puskesmas untuk mengurangi resiko efek samping yang ditimbulkan. Hal itu dilakukan setelah berkonsultasi dengan tim ahli.
Sesuai petunjuk dalam edaran Kementerian Kesehatan, pelaksanaan pemberian vaksinasi untuk kelompok usia 60 tahun ke atas, diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari.

“Contoh kalau hanya 125 vaksin, maksimal bisa dilaksanakan dua hari, tapi tidak harus serentak hari itu, yang penting dilayani dan tidak boleh ditunda kelamaan,” ujar I Komang Krisna yang juga Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Luwu Utara.

Dia mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan rapid antigen kepada sasaran 24.189 lansia. Hal ini tetap dilakukan sebelum pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) – prolanis yang beresiko kita rapid (antigen) lebih dulu. Kalau hasilnya reaktif dilanjutkan dengan swab PCR,” tambahnya.

Sekadar diketahui, untuk lanjut usia di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara yang vaksinasi 1 baru 53 orang (0,21%) dan vaksinasi 2 masih kosong atau belum ada per hari Sabtu 10 April 2021 pukul 19.20 Wita.

Dan SDM Kesehatan 1464 untuk vaksinasi kesatu, 102,80 persen/ 1.505. Vaksinasi kedua 1.485/ 101, 43 persen. Petugas Publik 13.167 pada vaksinasi kesatu 5.412/ 41,10 persen, vaksinasi kedua 3.049/ 23,15 persen.(mega/yus)