Kutuk Keras Penembakan Guru dan Pembakaran Sekolah, Komentar Ketua IGI Toraja Utara

Masambanews, Toraja Utara – Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Toraja Utara (Torut) Sulawesi Selatan (Sulsel), Zeth Patanduk, S.Pd mengutuk keras aksi penembakan terhadap guru yang terjadi di Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.

“Kami mengutuk penembakan yang menewaskan dua guru yang seharusnya dilindungi karena keberadaan mereka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) termasuk di Beoga,” kata Zeth Patanduk pada media ini via Whats, Selasa 13 April 2021.

Zeth Patanduk mengutuk dan menyesalkan penembakan guru serta pembakaran tiga bangunan sekolah yakni, SD Jambul, SMPN 1 dan SMAN 1 Beoga Kabupaten Puncak serta rumah guru, yang sudah mengabdikan dirinya cukup lama di daerah yang terpencil dan rawan.

“Guru dan tenaga medis hendaknya selalu dijaga keamanan oleh semua pihak termasuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),” ungkapnya.

Saat ini tercatat 27.000 guru yang tersebar di berbagai wilayah di Papua. Aksi penembakan yang dilakukan KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, menyebabkan dua guru meninggal, yakni Oktovianus Rayo yang ditembak Kamis (8/4/2021) dan Yonathan Renden ditembak Jumat (9/4/2021) di Kampung Julukoma Distrik Beoga.

Sejumlah guru dan tenaga kesehatan saat ini mengungsi ke Koramil Beoga serta rumah-rumah yang ada di dekatnya.(mega/yus)