KPU Lutra Gelar Simulasi Tungsura, Ini Tahapan Krusial

Masambanwes, Luwu Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar simulasi pemunguta n dan penghitungan suara (Tungsura) Pemilu/Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2019, Sabtu 21 November 2020. Simulasi digelar di Lapangan Taman Siswa (Tamsis) Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Lutra,sejumlah OKP dan kelembagaan Mahasiswa dan para Wartawan yang bertugas di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK 75 orang, perwakilan dari PPS, KPPS dan Relawan Demokrasi (Relasi) se Kabupaten Luwu Utara, Ketua dan Pengurus Partai, para tokoh agama, masyarakat, pemuda.

Dalam proses simulasi semua Komisioner berperan sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Anggota KPU Lutra Divisi Teknis Hayu Vandy Pamorron mengingatkan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan krusial dan perlu untuk diketahui tahapannya oleh semua pihak.

Hayu Vandy P melanjutkan bahwa simulasi juga menjadi bekal PPK dan PPS ketika mendampingi KPPS dihari pemungutan suara. Selain itu sebagai sarana mengedukasi masyarakat untuk melihat dan memahami prosesnya. “Sehingga nanti di TPS masyarakat dapat mengawasi jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” terang Hayu Vandy.

Sementara H.Syamsul Bachri Ketua KPU Lutra mengatakan dalam sambutannya bahwa simulSi tersebuf bertujuan untuk memverikan pemahaman kepada warga Bumi Lamaranginanv terkait pemungutan dan perhitungan suara.(yus)