KPU Lutra Buka Posko Layanan GMHP Tiap PPS, Lindungi Hak Pilih Warga Komentar Supriadi

Masambanews. luwu Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara membuka posko pelayanan Gerakan Melindungi Hak Pilih di semua Sekretariat PPK dan PPS se Luwu Utara (Lutra).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lutra, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Supriadi, SM mengatakan KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Lutra sebanyak 218.808 pemilih, dengan perincian 109.142 pemilih laki-laki dan 109.666 pemilih perempuan.

“Namun untuk menyempurnakan daftar pemilih yang terpercaya, KPU melakukan penyempurnaan DPS dengan membuat GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih),” kata Uppi’ panggilan akrab anggota Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, pada media ini, Minggu (27/9/2020) siang.

Menurut dia, secara garis besar punya tiga tujuan penting GMHP yaitu mendata pemilih yang belum masuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan nanti kalau sudah diumumkan lagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) memperbaiki data pemilih yang keliru, serta menghapus pemilih ganda.

Selain menyediakan layanan konvensional dengan membuka posko di deluruh Sekretariat PPS Desa yang berjumlah 166 dan Kelurahan 7 dan 15 Kecamatan setiap hari dan jam kerja.

Saat ditanya bagaimana cara mengecek seseorang sudah masuk sebagai pemilih Pilkada 2020 atau belum?, Uppi’ mengatakan secara manual bisa melihat papan pengumuman daftar pemilih yang ditempel di Sekretariat PPS Desa/Kelurahan.

Cara selanjutnya bisa dengan membuka www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, kemudian masukkan nama dan NIK.

Jika belum terdaftar, lanjut dia, diharapkan segera melapor dengan tenggang yang ditetapkan. Aduan bisa dilakukan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau kantor KPU Lutra setiap hari kerja, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba.

Laporan juga bisa dilakukan di Posko GMHP yang dibuka di tiap Sekretariat PPS juga menyediakan layanan pesan pengaduan Whatsapp, seperti ini di PPS Dandang ada layanan melalui nomor WhatsApp anggits PPS yakni Bebi Beti 0853 9926 3447 Yustus 0821 8800 5696 dan Khayar 0853 3645 4514.

“Yang terpenting adalah menyertakan syarat utama sebagai pemilih, yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (el KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan perekaman KTP Elektronik serta Kartu Keluarga (KK),” tandas Uppi’. (yustus)