Korban Pengungsi Banjir Bandang di Lutra Butuh Makanan Siap Saji, Popok Pembalut

Masambanews, Luwu Utara – Ratusan warga yang mengungsi selamat paska banjir bandang yang kini menempati posko pengungsian di Kecamatan Baebunta Desa Radda dan Desa Petambua Kabupaten Luwu Utara (Lutra), berharap bantuan makanan siap saji, selimut, popok bayi, alat masak, makan, penerangan(lilin), obat-obatan serta pembalut.

“Saat ini yang kami butuhkan itu, makanan, air minum, dan popok bayi, pembalut serta obat-obatan. Karena di lokasi pengungsian jumlahnya masih sangat terbatas, bahkan tidak ada,” kata Hairul Muslimin yang juga Kepala UPT Puskesmas Baebunta.

Ia menuturkan pada media ini bahwa pengungsi dua desa yakni Desa Radda dan Petambua di lokasi Kelapa Sawit sangat membutuhkan makanan dan minuman, para pengungsi juga membutuhkan selimut. Karena, jika malam hari sangat dingin di tenda pengungsian, mengingat hujan masih mengguyur Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kasihan kita lihat anak-anak tanpa ada selimut, kalau sudah malam hari,” katanya menjelaskan.

Hairul yang akrab disapa IRoel menuturkan, di tenda pengungsian mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Sementara, 80 persen rumah warga mengalami rusak berat dan 20 persen rusak ringan.

“Mereka belum mau kembali ke rumah. Karena masih khawatir ada banjir bandang susulan,” ucapnya.

Mereka mengharapkan makanan, air mineral, popok untuk bayi dan pembalut serta alat-alat makan.

Sekadar diketahui ada tiga Puskesmas mensngani kesehatan pengungsi yakni Puskesmas Baebunta, Sabbang dan Sabbang Selatan. (yustus)