Ketua PMI Pusat: JK Garda Terdepan Pelayanan Masyarakat

Masambanews, Luwu Utara – Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla dua periode berturut-turut datang ke Luwu Utara (Lutra) bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dengan menggunakan Helikopter, Kamis (23/7/2020).

Ketua Pang Merah Indonesia Pusat bersama Gubernur Sulsel disambut Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, Kepala BPBD Muslim Muhtar dan segenap pengurus PMI Lutra, dalam rangka meninjau lokasi dampak bencana banjir bandang di Desa Radda Kecamatan Baebuntabdan Kecamatan Masamba, juga meninjau posko tanggap darurat bencana PMI serta pengungsi, terkhusus anak-anak.

Jusuf Kall Ketua PMI Pusat menegaskan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai garda depan pelayanan dalam menolong masyarakat. Karena itu PMI harus terus melakukan evaluasi atas materi dan program kerjanya agar sesuai dengan kebutuhan terkini dan terus bergerak untuk kemanusiaan dan membantu korban,” Silahkan bantu pemerintwh daerah, bersihkan kota Masamva dan sekitarnya yah?,” tutur pak JK.

Tak hanya itu Ketia PMI Pusat Jusuf Kalla menyampaikan, PMI harus selalu siap sedia 24 jam membantu manusia yang membutuhkan pertolongan dan menjaga agar warga Lutra selamat ketika terjadi bencana alam.

“Mantan Wapres inipun mengatakan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka dibutuhkan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, lanjutnya, PMI harus dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga lain ketika terjadi becana, seperti Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS),” titipnya.

Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI mengingatkan bahwa PMI dituntut untuk tetap menjalankan prinsip dasar palang merah, di antaranya adalah prinsip universal.

“Prinsip ini (tercermin) seperti kita lakukan dengan membantu membersihkan lumpur, batang kayu berserakan, sampah dipengungsian, serta selalu pakaiki masker,” pesan mantan Wapres.

Sementara Bupati Lutra Indah panggilan akrabnya mengucapkan rasa terimakasih atas kunjungan dan perhatian serta motivasi pak JK sebagai Ketua Umum PMI Raya,” tetimakasih pak JK dan pak Gubernur Prof NA, Bumi Lamaranginang (Lutra, red), tetap kuat dan segera bangkit kembali,”ucap Indah Bupati Lutra. (yustus)