Kepala Daerah Atasi Covid-19 Dengan Semangat Kerja Gotong Royong

Masambanews, Luwu Utara – Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” menjadi momentum bagi seluruh kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik dalam virtual dengan seluruh kepala daerah, disinilah diuji kehebatannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan merumuskan kebijakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Ini penting karena pandemi memberikan dampak multi dimensi terhadap pembangunan di setiap daerah.

“Kita melihat momentum peringatan Hari Otonomi daerah XXV ini, adalah challenge bagi semua kepala daerah, ketika mereka berhasil keluar dari dampak sosial dan dampak ekonomi pandemi Covid, di situlah kepala daerah yang hebat,” kata Akmal di Jakarta melalui virtual, Jumat 23 April 2021 kemarin.

Sementara Bupati Luwu Utara (Lutra) Hj. Indah Putri Indriani Via WhatsApp pada media ini, Minggu 25 April 2021 menjelaskan bahwa, disinilah momentum kita bersama masyarakat dan pemerintah kabupaten (Bupati) dan forkopimda, sebagai eksekutor dalam melaksankan kebijakan aspek ekonomi dan kesehatan.

“Tugas pemerintah (Bupati) bersama Forkopimda sebagai leadership, kita tidak bisa cuma mendorong penanganan Covid-19 saja, tapi mengabaikan kondisi ekonomi, karena kita tidak akan bisa menghidupkan ekonomi masyarakat, tapi harus dilakukan secara seimbang,” terang Indah Putri Indriani Bupati Luwu Utara.

Dan juga penting Bupati membangun hubungan melalui komunikasi yang baik antara daerah dan pusat, antara daerah dan provinsi, untuk bisa menyelesaikan persoalan bersama pandemi covid-19.

“Dengan momentum 25 tahun otonomi daerah ini, kesempatan mengatasi dan melawan Covid-19. Dengan demikian kita bisa dan harus bangun sistem ini dengan baik, mari kita berkomunikasi dengan baik, Insya Allah kita akan Bisa,” pesan Indah panggilan akrab Bupati Luwu Utara. (mega/yus)