Katalis dan KRKP Dorong Program Revamping Indonesia Food Security Policy pasca Pandemic Covid-19 di Luwu Utara

Masambanews, Luwu Utara — Perwakilan Katalis Indonesia, Amal Alba dan Sahaka audiens dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendorong program Revamping Indonesia Food Security Policy after the Covid-19 Pandemic di Ruang kerja Bupati Luwu Utara Jl. Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (17/2/2021).

Menurut Amal Alba, program Revamping Indonesia Food Security Policy after the Covid-19 Pandemic di dukung oleh Lembaga Kurawal Foundation di Jakarta.

Kata Dia, dalam program perubahan kebijakan Ketahanan Pangan pasca pandemic covid-19 ini, hanya tiga Kabupaten di Indonesia sebagai pilihan yaitu Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita ingin tau, Bagaimana Pembenahan Kebijakan Ketahanan Pangan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 khususnya di daerah dalam mendorong perubahan kebijakan terutama sektor pertanian untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Luwu Utara, “harapnya.

Senada dengan itu, Sahaka Juga menambahkan bahwa Luwu Utara ini dipilih sebab salah satu daerah di Indonesia yang telah melakukan riset kajian terkait audit sosial Pupuk bersubsidi. Dan itu masuk data nya di Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Ia berharap bahwa Katalis Indonesia dan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) di Bogor bisa berpartisipasi dilibatkan dalam penyusunan kebijakan soal isu keadilan dan kedaulatan pangan dalam perumusan RPJMD, “pangkasnya.

Sementara, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyambut baik bahwa apa yang telah menjadi koloborasi holistik kita dorong selama ini antara Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama Katalis Indonesia dan KRKP adalah modal, terutama dalam hal penyusunan dokumen perencanaan. Silahkan kordinasikan dengan Bappeda, “ujarnya.

“Kami dari Pemda berterima kasih, bukan hanya dalam penyusunan RPJMD, tapi juga Restra, tapi sifatnya detlen yah, karena dikondisikan berubah-rubah, dan dinamika nya dinamis sekali, “imbuhnya.(KD/am**)