Kapolres Lutra Kunjungi Kampung Tangguh Pencegahan Covid-19, Persiapan Lomba HUT Bhayangkara ke 74

Masambanews, Luwu Utara – Kapolres Luwu Utara (Lutra) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), AKBP Agung Danargito, S.Ik, M.Si saat mengunjugi Kampung Tangguh Balla Ewako, Banua Matoto di Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang Selatan, Selasa (16/6/2020) kemarin.

Kapolres Lutra didampingi Kasat Binmas AKP Wake Andi Maming, Kasat Intelkam Iptu Muhajir, S.Pd, Kapolsek Sabbang Iptu Junaidi, SH, Babinsa Serka Kasyanto dan Babinkamtibmas Bripka Yunus Taruk Kabanga, SH serta Kepala Desa (Kades) Batu Alang Mustamin yang akrab di sapa Phupus.

Hal ini disampaikan Kapolres Lutra, AKBP Agung Danargito pada media ini melalui via jejaring WhatsApp, Rabu (17/6/2020) bahwa, dalam kunjungan kerja itu dalam rangka persiapan Kampung Tangguh dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Sabbang Selatan untuk di ikutkan lomba pada HUT Bhayangkara ke 74 pada 1 Juli 2020.

“Kapolres berkunjung ke kampung tangguh di Desa Batu Alang untuk persiapan layak menjadi Kampung Tangguh dari fasilitas yang dimiliki,”tuturnya.

Lebih jauh Agung Danargito memaparkan kriteria dan syarat Kampung Tangguh Covid-19 harus ada tempat isolasi, ada petugas gabungan yang menjaga, memiliki persedian Alat Pelindung Diri (APD), ada dapur dan makanan buat pasien isolasi serta ada tempat pemakaman untuk yang meninggal mendadak (MD).

Di Desa Batu Alang untuk Kampung Tangguh Balla Ewako Banua Matoto sudah ada ruang pelayanan kesehatan, dapyr umum ada, gudang logistik, kolam ikan untuk budidaya, lahan tanaman obat keluarga (toga), ada Pos Kamling, sarana olahraga, rumah isolasi corona serta ada tempat pembuatan masker mandiri.

Di rumah isolasi/karantina lengkap ada kamar tempat tidur, aula, dapur, toilet serta Wastafel lengkap semuanya.

” Di Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang Selatan sudah terpenuhi semua syarat itu. Menurut Kapolres sudah lengkap semua, tinggal banner Kampung Tangguh dan peresmiannya saja,” tegas AKBP Agung Danargito.

Sementara Kades Batu Alang Phupus yang akrab disapa mengaku masih akan melakukan persiapan dan berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat di Desa Batu Alang untuk persiapan Kampung Tangguh itu. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolres dan rombongan dari Mapolres Lutra.

“Semoga bisa memotivasi kami. Yang terpenting Desa Batu Alang tetap tersedia lumbung pangan berupa sembako yang berasal dari masyarakat yang mampu atau pengusaha atau siapapun yang memang memiliki kepedulian untuk berbagi. Tugas saya bagaimana bisa dan terus memotivasi untuk saling berbagi,” paparnya.

Kendati untuk penanganan dampak Covid-19 ini, sudah banyak bantuan yang sudah digelontorkan baik dari pemerintah pusat, propinsi maupun kabupaten. Namun masih ada masyarakat yang belum bisa dicover bantuan karena minimnya anggaran Dana Desa kami di Batu Alang.

“Makanya dengan Kampung Tangguh, semoga bisa mencover semua sesuai kemampuan,” pungkasnya.(yustus)