Hasil Real Time PCR BBLK Makassar: 6 Lagi Orang Positif Corona di Bumi Lakipadada

Masambanews, Tanah Toraja – Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali merilis perkembangan kasus Covid-19 di Bumi Lakipadada julukan Kabupaten Tana Toraja, Selasa (7/7/2020).

Dari data hari ini, terdapat penambahan 6 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tator.

“Pasien keenam tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 ini dari hasil swab berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diterima Minggu (5/7/2020) dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar Sulsel,” terang Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tator, Daniel Galenta Randanan pada media ini, Selasa (7/7) melalui via jejaring WhatsApp.

Dengan penambahan 6 orang tersebut, maka jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lakipadada saat ini berada di angka 19 orang.

Daniel Galenta Randanan, Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tator (Juru Bicara/Jubir) merilis ke 6 orang tersebut yakni memiliki riwayat kontak erat seorang laki-laki berumur 43 tahun yang telah diumumkan terkonfirmasi positif corona pada tanggal 30 Juni 2020 lalu.

“Keenam orang tersebut yakni seorang perempuan beralamat di Tongkonan Ada’ Kelurahan Kamali Pentalluan Kecamatan Makale (39) isteri dari bapak yang terkonfirmasi positif pada 30 Juni 2020 lalu,” jelas Jubir Covid-19 Tator.

Anak kandung bapak yang terkonfirmasi pisitif corona di Tongkonan Ada’ yaitu seorang perempuan (13), lagi anak kandung (16), seorang perempuan tetangga rumah yang jug beralamat di Tongkonan Ada (8), seorang anak (4) status tetangga.

Dan seorang perempuan beralamat Rantelemo Kelurahan Sarira Kecamatan Makale seorang tenaga medis (30) setelah dilakukan rapid test rutin pada tenaga medis Selasa (30/6/2020) dan hasilnya reaktif, dan dilanjutkan dengqn pengambilan swab Rabu (1/7/2020).

” Dari hasil swab keluar pada Minggu (5/7/2020) dinyatakan pisitif corona,” helas Daniel Galenta Randanan.

“Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tator Mariana Belo bersama Tim Dokter Satgas Covid-19 Mardaria Patioran menerangkan bahwa rencana semua pasien tersebut akan diantar ke Makassar untuk menjalani perawatan isoladi/karantina,” ucapnya.

Tim Gerak Cepat Dinas Jesehatan Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus rantar sebaran virus corona dilingkungan masyarakat dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif dengan melibatkan Tim Surveilans.

” Tracing ini dilaksanakan untuk upaya meminimalisir sebaran virus corona dari keenam pasien positif dilingkungan masyarakat dan keluarga dekat,” tukasnya.(yustus)