Forkopimda Rapat Idul Adha dan Kedatangan 2 Menteri di Bumi Lamaranginang

Masambanews, Luwu Utara – Dalam rangka menyambut pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1441 H/2020 M di masa pandemi Covid-19 dan pasca banjir bandang lumpur melanda Bumi Lamaranginang, Forkopimda Kabupaten Luwu Utara melaksanakan rapat persiapan di ruangan Comment Centre Kantor Bupati Luwu Urara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dipimpin Bupati Indah Putri.

Hal itu disampaikan Indah Putri Indriani, Minggu (26/7/2020). Dan hadir dalam rapat persiapan kedatangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 28 Juli 2020 dan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan 31 Juli 2020, Kapolres Luwu Utara, AKBP Agung Danargito, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf Gunawan, Kajari Lutra Indawan Kuswadi, Satpol PP Syamsul Alam, Kadis Perhubungan Hakim Bukara, Kabag Kesra ArinSetiawan, dan Kepala BPBD Muslim Muhtar.

Dalam arahan Indah Putri Indriani Bupati Lutra menjelaskan bahwa masa tanggap darurat bencana sampai 31 Juli 2020, dan diharapkan melaporkan terkait penanganan pengungsi harus jelas datanya, serta penanganan tanggap darurat hunian sementara, huntap serta pembukaan akses jalan dan pembersihan.

“Bupati Lutra menargetkan pembersihan kota Masamba sekitarnya dan di Desa Radda, Meli selama dua bulan, ” terangnya.

Indah Putri Indriani mengatakan, Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Panduan pelaksanaan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban tahun 1441 H/2020 M menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19. Dan kita tetap ikuti protokol kesehatan dalam cegah sebaran virus corona wajib diperhatikan.

“Dengan adanya Surat Edaran ini hendaknya menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan jenormalan baru atau New Normal. Dengan begitu, Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban dapat berjalan Optimal serta terjaga dari sebaran penularan Covid-19,” jelas Bupati. (yustus)