Forkopimda Lutra Hadiri Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke-74 di Pimpin Presiden, di Ikuti 34 Polda 493 Polres

Masambanews, Luwu Utara – Untuk peringatan Hari Bhayangkara ke-74 dimasa Pandemi Covid-19 berbeda dengan tahun-tahun lalu. Rabu 1 Juli 2020 Forkopimda Luwu Utara (Lutra) mengikuti upacara Hari Bhayangkara secara virtual di Aula Mapolres Luwu Utara dan pesertanya terbatas, Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati dan memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020), dimasing-masing Polres mengikutinya dengan secara Virtual.

Peringatan Hari Bhayangkara ini diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden. Kemudian pengucapan Tribatra dan dilanjut penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

Penganugerahan tanda kehormatan ini diberikan berdasarkan Keppres RI No 61 TK/ Tahun 2020 tentang penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya. “Atas nama rakyat Bangsa dan Negara, saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 74 kepada keluarga besar Kepolisian RI di manapun saudara-saudara bertugas,” kata Jokowi saat memberikan amanatnya melalui virtual.

Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kepolisian yang telah memberikan pengabdian dan pengorbanannya dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan penegakan hukum, serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Kapolri Jenderal Idham Azis, peringatan Hari Bhayangkara ini turut diikuti oleh 34 Polda dan 493 Polres, serta seluruh lembaga lainnya. Dalam acara ini, Presiden juga menyapa dan berinteraksi dengan beberapa kapolres di seluruh Indonesia.

Dalam upacara Hari Bhayangkara ke-74 dihadiri para Forkopimda yakni, Bupati Lutra Hj. Indah Putri Indriani, Kapolres Lutra AKBP Agung Danargito, Dandim 1403 Sawerigading di wakili Perwira Penghubung (Pabung) Lutra Mayor Czi Syafaruddin, Wakapolres Lutra Kompol H, Amir Majid, Danki Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Baebunta AKP Laode Rusli, SE.

Ketua DPRD Lutra, Drs Basir, Kajari Lutra Indawan Kuswadi, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Lutra Oki Basuki Rahmat, SH, MH serta para PJU Polres Luwu Utara.

Dan setelah kegiatan upacara selesai, dilanjutkan dengan syukuran bersama tamu undangan lainnya bersama personil Polres Luwu Utara.

Juga diteruskan dengan penyerahan penghargaan lomba kayegori Bhabinkamtibmas berprestasi, lomba kebersihan markas komando tiap Polsek, lomba kebersihan asrama/rumah Dinas Polri, lomba Polsek sebagai deteksi dini, lomba Pos Kamling, lomba balla ewako banua matoto, lomba ceramah Kamtibmas serta lomba sosialisasi rekruitmen Polri tahun 2020 melalui media sosial. (yustus)