Dua Inovasi Pelayanan publik Bumi Lamaranginang, Masuk TOP 30 KIPP Sulawesi Selatan

Masambanews, Luwu Utara – Dua inovasi dari Kabupaten Luwu Utara (Lutra) masuk dalam TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2021. Hasil itu membawa keduanya berhak lolos dan mengikuti Coaching Inovasi dan Submit Proposal KIPP di Four Points By Sheraton Makassar pada hari Senin, 3 April 2021 besok.

Dua inovasi tersebut yakni, Rompi KPK diinovasikan oleh Suharto dan Peta Baper oleh Ikbal Cahyadi.

Selanjutnya, Inovasi ANC Hipnoterapi juga diundang ikut dalam KIPP Sinovik Kelompok Khusus, sebab inovasi tersebut pernah tembus TOP 40 Sinovik di tahun 2018 sebagai inovasi terpuji.

Hal ini disebutkan Kabag Organisasi Setda Luwu Utara, Muhammad Hadi pada media ini via whatsapp, Minggu 2 Mei 2021 menyatakan bahwa, 2 Inovasi yakni Rompi KPK (Kelas Pencegahan Korupsi) dari Dinas Pendidikan dan Peta Baper (Pemetaan Berbasis Partisipatif) dari Bappeda akan ikut TOP 30 KIPP Sulsel besok.

“Selanjutnya dua inovasi ditambah inovasi ANC Hipnoterapi ini, akan mengikuti coaching dan pameran inovasi oleh Biro Organisasi Provinsi untuk ikut kompetisi tingkat nasional, pada 3 Mei 2021 besok,” Muhammad Hadi.

“Insya Allah tetap berjalan terus kerjasama lintas sektor dan melengkapi kekurangan. Semoga kita bisa masuk Top 99 nasional dan program ini bisa menjadi program nasional,” tambahnya lagi.

Terpisah, Suharto dan Ikbal Cahyadi, inovator mereka yakni Rompi KPK dan Peta Baper siap berkompetisi ke tingkat nasional.

“Semoga melalui inovasi ini, Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang ke depan menjadi kawasan pendidikan yang maju, Kesehatan dan Pemetaan Berbasis Partisipatif, sehingga masyarakat Lutra pensidikan maju kesehatan ibu dan anak mantap juga serta sehat sejahtera, dan ‘Bisa’ menjadi kabupaten percontohan di Sulawesi Sel,atan,” paparnya.

Sekadar diketahui, masuknya Rompi KPK dan Peta Baper ke dalam TOP 30 KIPP JIPP Sulsel, itu telah melalui serangkaian proses tahapan dan seleksi yang ketat.(mega/yus)