Dua Hari Kampanye Tak Ada Pelanggaran, Sebut Bawaslu Lutra

Masambanews, Luwu Utara – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melakukan pemantauan jalannya kampanye Pilkada yang dimulai Sabtu 26 September hingga Senin 28 September 2020.

Dikatakan Komisioner Bawaslu Lutra Kordive Sumber Daya Manusia, Organisasi & Data Informasi (SDMO & DATIN), Sriwati Sukma D.SS memasuki hari kedua pelaksanaan kampanye di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang belum ada pelanggaran Pemilu, hanya beberapa yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan pihak kami telah melakukan identifikasi kegiatan paslon.

“Belum ada laporan pelanggaran kampanye, ke dua paslon masih tertib dan mematuhi aturan yang ada,” jelasnya pada media ini, Selasa (29/9/2020).

Dikatakannya, selain perlunya kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan, peserta Pilkada juga diminta untuk memperhatikan zona kampanye dan zona penempatan alat peraga kampanye yang telah ditetapkan KPU nantinya.

Sesuai PKPU nomor 13 terkait kampanye, lanjut Sriwati pada pasal 88 telah diatur mengenai sanksi bagi peserta Pilkada yang tak taat/patuh.

“Bawaslu sudah menyiapkan kartu teguran terkait pelanggaran protokol kesehatan. Teguran akan diberikan bagi pelanggar. Bila setelah 2 kali melanggar lalu tidak mengindahkan teguran, pelanggarnya dapat ditindak,” terangnya lagi.

Untuk itu, demi menjaga kelancaran pelaksanaan Pilkada di Bumi Lamaranginang ini, pihaknya mengharapkan semua pihak/publik, utamanya peserta Pilkada maupun tim sukses dan simpatisan, bersama-sama mematuhinya.

“Sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Bumi Lamaranginang berjalan aman, damai dan sejuk,” pintanya.(yustus)