DKP Lutra Ikut Sukseskan Pekan Sagu Nusantara 2020, Dengan Olahan Makanan Khas

Masambanews, Luwu Utara – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) ikut serta dalam kegiatan Pekan Sagu Nusantara 2020 melaui virtual, Selasa 20 Oktober 2020.

Acara digelar secara virtual, di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang, dengan menampilkan tiga jenis olahan makanan dari sagu yakni, Kapurung, Mie Sagu dan Sinole’.

Kegiatan ini diikuti 14 provinsi se-Indonesia dengan mengusung tema “Sagu untuk Indonesia Maju”.

Pembukaan Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020 di Lutra dihadiri Pjs Bupati Muh Iqbal Suaeb bersama Ketua TP PKK, unsur Forkopimda, Sekda Lutra Armiady, para Kepala Perangkat Daerah, serta tiga duta pangan Lutra 2019.

“Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alauddin Sukri mengungkapkan terdapat tiga olahan makanan berbahan dasar sagu yang dipamerkan dalam kegiatan berskala Nasional ini,” terangnya.

Secara rinci, Alauddin Sukri mengatakan ada produk UMKM sagu juga ditampilkan, seperti Cakko Cakko, Ongol Ongol dan kue Bagea.

Sementara Pjs Bulati Lutra Iqbal Suaeb berharap, dengan keikutsertaan !uwu Utara di ajang Nasional ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi sagu dan mengembangkannya.

“Semoga panganan lokal menjadi tuan di negeri sendiri, kalau bukan kita yang memanfaatkan siapa lagi,” jelas Pjs Bupati Lutra yang didampingi Ketua TP PKK..

Iqbal Suaeb menambahkan, jika panganan lokal semakin digemari, maka akan berdampak baik terhadap peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri serta mari kita lestarikan sagu, supaya tetap bertahan sebagai salahsatu pangan alternatif yang bisa menjadi pasokan pangan nasional dikemudian hari. (yustus)