Dinkes Lutra dan Puskesmas Baebunta Gencarkan Sosialisasi New Normal di Pasar Salulemo

Masambanews, Luwu Utara – Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh penularan Virus Corona belum sepenuhnya berakhir. Penemuan kasus positif baru masih saja terjadi di beberapa wilayah. Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) beberapa hari yang lalu merilis peta kejadian Covid-19 dan menempatkan Luwu Utara dalam Zona Kuning.

Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani meminta sosialisasi penerapan protokol kesehatan lebih digencarkan, terutama pada masa New Normal.

Upaya tindak lanjut dari seruan orang nomor satu di Bumi Lamaranginang, julukan Kabupaten Lutra yang beribukota di Masamba ini, dilakukan sosialisasi ke lapangan oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Lutra bekerjasama dengan Puskesmas Baebunta dengan mengunjungi Pasar Salulemo Kecamatan Baebunta.

Kepada pedagang dan pengunjung pasar, tim menyampaikan anjuran untuk tetap memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan pakai sabun atau pakai handsanitizer.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Baebunta, Hairul Muslimin, SKM, saat ditemui media ini di pasar Salulemo, Selasa (7/7/2020) menjelaskan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan mengingatkan warga masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saat New Normal, masyarakat diharapkan beradaptasi dengan keadaan, saat masyarakat harus beraktivitas dan pandemi belum sepenuhnya dapat dikendalikan, maka kebiasaan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun dan atau handsanitizer harus tetap dilakukan, termasuk saat beraktivitas di pasar misalnya,” jelas Kapus Baebunta Hairul Muslimin.

Sosialisasi seperti ini, lanjut Hairul Muslimin, akan terus dilakukan karena menurutnya merubah mindset dan perilaku orang butuh waktu dan upaya berkesinambungan.
“Tidak mudah merubah perilaku orang dalam beberapa kasus, butuh upaya penyadaran terus menerus melalui promosi kesehatan,” imbuhnya.

Kepala Puskesmas Baebunta ini berharap kegiatan sosialisasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan di masa New Normal juga harus didukung oleh lintas sektor. Menurutnya, kegiatan baik seperti sosialisasi ini, akan lebih berhasil jika didukung dan dilakukan oleh banyak pihak.

“Mari kita bareng-bareng mengingatkan dan memotivasi masyarakat untuk mencegah bertambahnya kasus Corona di wilayah kita dengan penerapan protokol kesehatan secara konsisten oleh seluruh warga,” harapnya.(yustus)