Dinas Pendidikan Luwu Utara, Kuatkan Kompetensi 34 Calon Kepsek melalui Diklat

Masambanews, Luwu Utara – Sebanyak 34 calon kepala sekolah di Luwu Utara mengikuti Diklat calon kepala sekolah dengan materi In Service Trqining (IST), kegiatan ini dilaksanakan di Unit Pengelola Sekolah (UPT) SD Negeri 097 Katokkoan Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba, dari tanggal 3 Oktober sampai 7 Oktober 2021.

Demi meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), seluruh pihak terkait, termasuk calon kepala sekolah dan keoala sekolah, harus memiliki kompetensi yang unggul. Peningkatan kompetensi kepala sekolah dilakukan melalui berbagai upaya, salah satunya Diklat Calon Kepala Sekolah.

Program ini digelar Lembaga Penyelenggara Program Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Untuk dapat mengikuti pelatihan tersebut, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan yakni menjabat kepala sekolah, diangkat sebelum
diberlakukan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, belum memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP) Calon Kepala Sekolah, dan diusulkan Dinas Pendidikan.

” Hal tersebut disampaikan Jusman salah satu peserta Diklat Calon Kepala Sekolah pada media ini, Kamis 7 Oktober 2021 usai Diklat.

Sebelum kami turun ke sekolah kami peserta di bekali dengan instrumen dan matrix dalam menggali kajian di sekolwh.

Sementara ketua kelas Diklat A calon kepala sekolah Makmur berharap, peserta diklat akan mendapat dukungan yang positif dari kepala sekolah setempat.

” Dan sebagai Ketua kelas diklat A, Makmur berpesan kepada 34 peserta dengan dirinya untuk tetap menjaga etos kerja dan menjaga harmonisasi di sekolah tempat melaksanakan proyek kepemimpinan,” sebutnya.

Sekadar diketahui bahwa, untuk Diklat calon kepala sekolah tahap ke dua yang mana Dinas Pendidikan bekerjasama dengan LPPKS Solo dan LPMP Sulawesi Selatan yang rencananya dilaksanakan pada 25 September hingga 12 Desember 2021.(moryus)