Deklarasi Damai Pilkades di Kecamatan Baebunta Selatan

Masambanews, Luwu Utara – Kapolres Luwu Utara, AKBP Irwan Sunuddin menggelar Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Pilkades Serentak pada 14 Juli 2021 mendatang. Deklarasi Damai ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Baebunta Selatan, Kamis 9 Juli 2021.

Deklarasi Damai diikuti oleh para Calon Kades yang berasal dari Kecamatan Baebunta Selatan. Selain itu, deklarasi juga diikuti jajaran Forkopimcam yang terdiri dari Camat, Kapolsek, dan Danramil.

Pelaksanaan Deklarasi Damai dipimpin langsung oleh Kapolres Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), AKBP Irwan Sunuddin bersama Kepala Badang Kesbangpol Lutra, Enyon didampingi jajaran Forkopimcam.

Yang hadir pada deklarasi tersebut yakni, Camat Baebunta Selatan Muh Yamin, Kapolsek Baebunta IPTU Rodo Parulian Manik, Danramil 1403-09 Kapten Inf. Amir Sahabu, Pjs Kepala Desa dan Calkades se Kecamatan Baebunta Selatan dan Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa.

Hadir mendampingi Kapolres Lutra, Kabag Sumda Kompol M. Fadil, Kasatlantas AKP H.Abd Rahim, Kasat Binmas AKP H.Jupri, Kasat Reskrim AKP Amri, KBP Satuan Intelkam IPDA Muh Aswan Sahruddin, Kasiwas Polres Lutra IPDA Jusman dan Paurdal OPS Bag, IPDA Neltiawati.

Isi Deklarasi Damai ini diantaranya, pertama, para Calon Kades siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Kedua, para Calon Kades siap menciptakan situasi Pilkades tahun 2021 di Kecamatan Baebunta Selatan yang aman, damai, berintegritas, tanpa hoax, dan tanpa sentimen SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

Ketiga, para Calon Kades siap mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengedepankan etika dan nilai-nilai keutamaan moral selama pelaksanaan Pilkades Serentak. Keempat, para Calon Kades bersedia menjunjung tinggi demokrasi yang bermartabat, agar situasi tetap kondusif.

Kelima, para Calon Kades bersedia mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan protokol dalam keseluruhan tahapan Pilkades demi mencegah penularan Virus Corona. Keenam, calon kades bersedia untuk tidak melakukan provokasi apabila tidak terpilih dalam proses Pilkades. Selain itu, para Calon Kades juga siap untuk menang dan siap untuk kalah dalam Pilkades Serentak, serta siap untuk mendukung Calon Kades Terpilih.

Usai pengucapan deklarasi damai, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh setiap Calon Kades dan jajaran Forkopimcam di kecamatan tersebut, yang disaksikan langsung Kaban Kesbangpol Enyon mewakili Bupati Luwu Utara, bersama jajaran Forkopimcam Baebunta Selatan.

Kapolres Lutra, AKBP Irwan Sunuddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Deklarasi Damai Pilkades Serentak di Kecamatan Baebunta Selatan hari ini, merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif dalam keseluruhan proses Pilkades Serentak, bertujuan untuk memastikan terciptanya situasi aman, damai dan kondusif.(moryus)