Calon Wakil Bupati Lutra Andi Sukma, Hadiri Malam Mappacci di Desa Batu Alang

Masambanews, Luwu Utara – Calon Wakil Bupati Luwu Utara Andi Sukma yang berpasangan dengan Calon Bupati Arsyad Kasmar yang mengambil sinonim ‘AKAS’ (Arsyad Kasmar-Andi Sukma), menghadiri malam mappacci anak Bahman, di Dusun Salobukkang Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa 20 Oktober 2020 malam.

Malam Mappacci atau tudang penni mappacci dalam bahasa Bugis, disebut juga akkorontigi dalam Bahasa Makassar, berarti malam mensucikan diri dengan meletakkan tumbukan daun pacar ke tangan calon mempelai oleh keluarga dan kerabat.

“Melalui prosesi Mappacci, kata Andi Sukma calon mempelai telah melangkah memasuki bahtera hidup baru dengan penuh ketulusan, dan kesucian jiwa. Bersih hatinya, bersih pikirannya, bersih tingkah laku dan perbuatannya, serta bersih itikadnya,” ucap Andi Sukma pada media ini melalui via jejaring WhatApp yang diteruskan Ketua Pemuda Millenial Kecamatan Sabbang Selatan Accang.

Prosesi mappacci diawali oleh Indo Botting dengan membakar lilin, kemudian pembacaan ayat suci Alquran.

Selanjutnya, sambutan dari orangtua calon mempelai dan permohonan izin calon mempelai pria untuk membina rumah tangga.

Bahman yang akrab di sapa pak Devi mengaku terhormat atas kesediaan Andi Sukma hadir secara langsung dalam prosesi adat ini.

“Saya hormati, saya banggakan dan kita cintai, Bapak Calon Wakil Bupati Lutra Andi Sukma dalam hal ini selaku keluarga besar. Beliau hadir sebagai bentuk penghargaan kepada kami,” kata Bahman.

Bahman mengakui, ia akan sempurna menjalankan tugas sebagai ayah ketika telah menikahkan semua anaknya dan bersyukur atas hal tersebut.

“Saya bersyukur karena saya bisa menikahkan (besok) anak saya.
Akad nikah anak Bahman yang akrab dipanggil pak Devi akan dilaksanakan hari ini, Rabu 21 Oktober 2020 Salobukkang Desa Batu Alang.(yus)